Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Menkeu: Pembayaran Insentif Tenaga Kesehatan Pusat Sudah Mencapai Rp 2,65 Triliun

Kompas.tv - 6 Juli 2021, 12:38 WIB
menkeu-pembayaran-insentif-tenaga-kesehatan-pusat-sudah-mencapai-rp-2-65-triliun
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Kementerian Keuangan menginformasikan bahwa pembayaran insentif tenaga kesehatan pusat sudah mencapai Rp 2,65 triliun per 30 Juni 2021. Alokasi tersebut setara dengan 69,8 persen dari pagu 2021 yang sebesar Rp 3,79 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pembayaran insentif tersebut disalurkan untuk 323.486  tenaga kesehatan yang bekerja di 6.198 fasilitas kesehatan. Sementara  untuk pembayaran santunan kematian  mencapai Rp 49,8 miliar. Jumlah ini  setara 99,6 persen dari pagu yang diberikan sebesar Rp 50 triliun.

”Pembayaran santunan kematian  diberikan untuk 166 tenaga kesehatan yang wafat,” kata dia menerangkan seperti dilansir laman Kompas.id, Selasa (6/7/2021).

Realisasi pemberian insentif bagi tenaga kesehatan daerah masih sangat minim. Hal ini terlihat dari alokasi anggaran sebesar  Rp 8,15 triliun yang baru terealisasi Rp 650 miliar, melalui dana alokasi umum atau dana bagi hasil.

Baca Juga: Pekan Ini Tunggakan Klaim Penanganan Covid-19 Sebesar Rp 2,69 Triliun Turun

Adapun, jumlah tersebut terdiri dari  alokasi untuk provinsi  Rp 120 miliar dan untuk kota kabupaten/kota sebesar Rp 530 miliar.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengungkapkan masalah lambannya pencairan insentif di daerah disebabkan  penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang memerlukan waktu.

”Kami punya semua datanya, daerah mana yang sudah ditransfer uang, tetapi belum dibelanjakan. Kami rapatkan hal itu untuk memperbaiki mekanisme dan mempercepat penyaluran, terutama yang ada di zona merah. Apabila belum cepat juga, Juli ini kami akan lakukan intercept  langsung,” ujarnya dalam wawancara khusus Kompas (1/7/2021).

Baca Juga: Kemenkeu Percepat Saluran BST Desa dan Kartu Sembako

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x