Kompas TV internasional kompas dunia

Meksiko Tangkap Pejabat Tinggi Polisi, Kemungkinan Diekstradisi ke AS

Kompas.tv - 6 Juli 2021, 06:22 WIB
meksiko-tangkap-pejabat-tinggi-polisi-kemungkinan-diekstradisi-ke-as
Luis Cardenas Palomino, kepala divisi keamanan regional polisi federal Meksiko ( kini telah dibubarkan), yang ditangkap atas dugaan penyiksaan terhadap 2 tersangka penculikan hampir satu dekade silam. Foto diambil pada 28 Juni 2012. (Sumber: AP Photo/Esteban Felix, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

MEXICO CITY, KOMPAS.TV – Meksiko pada Senin (5/7/2021) menyatakan telah menangkap seorang pejabat tinggi polisi atas dugaan penyiksaan yang dilakukan hampir satu dekade lalu.

Melansir Associated Press, mantan komandan polisi federal Meksiko Luis Cardenas Palomino, pejabat polisi yang ditangkap, dianggap sebagai tangan kanan mantan sekretaris keamanan Genaro Garcia Luna. Garcia Luna sendiri kini tengah ditahan atas dugaan penyelundupan narkoba di Amerika Serikat (AS).

Jaksa AS juga menuduh Cardenas Palomina telah menerima suap senilai jutaan dolar dari kartel narkoba Sinaloa, yang dipimpin oleh raja narkoba Joaquin “El Chapo” Guzman yang kini dipenjara. Masih belum jelas apakah Meksiko akan mempertimbangkan opsi mengekstradisi Cardena Palomino.

Baca Juga: Amerika Serikat Tangkap Ratu Narkoba Meksiko, Istri El Chapo

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador memuji penangkapan Cardenas Palomino sebagai tanda bahwa Meksiko tak akan lagi menoleransi korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Namun, ia juga tak tahu apakah Meksiko akan mengekstradisi Cardenas Palomino ke AS.

“Dia ditangkap karena tak ada lagi impunitas (atau kekebalan hukum), dan itu sangat membantu sekali,” kata sang presiden, yang pemerintahannya berjuang mencari kebijakan terbaik untuk menangani sejumlah kartel narkoba.

Lopez Obrador, misalnya, memerintahkan pembebasan salah seorang putra Guzman untuk menghindari pertumpahan darah.

Baca Juga: Istri Bos Kartel Meksiko El Chapo Akui Bersalah Telah Membantu Menjalankan Bisnis Kejahatan Suaminya

Kejaksaan Agung Meksiko menyatakan, Cardenas Palomino ditangkap di pinggiran Mexico City atas tuduhan penyiksaan terhadap seorang tersangka penculikan di tahun 2012.

Jaksa AS menuding Garcia Luna telah menerima suap senilai puluhan juta dolar untuk melindungi kartel narkoba Sinaloa milik Guzman. Garcia Luna, yang tengah menanti sidang di New York, membantah tuduhan itu.

Garcia Luna ditahan dari tahun 2006 hingga 2012 sebagai sekretaris keamanan publik, sebelum kemudian dipindahkan ke AS. Ia ditangkap di Texas, AS pada tahun 2019.

Baca Juga: Kartel Narkoba Meksiko Gantung Kepala Termutilasi di Jembatan: Ancaman untuk Geng Saingan

Cardenas Palomina bertugas sebagai komandan tinggi polisi federal Meksiko (yang kini sudah dibubarkan) pada tahun 2006 hingga 2012.

Dia dan Garcia Luna paling dikenal di Meksiko karena berada di balik razia kamera TV yang berbuntut penangkapan dua tersangka penculikan. Kedua tersangka penculikan juga telah ditahan secara ilegal beberapa jam sebelumnya.

Penulis Jose Reveles mengatakan, Cardenas Palomino merupakan “salah satu operator utama Garcia Luna” dan akan menjadi “saksi mata dengan informasi istimewa” atas mantan bosnya. Reveles juga menambahkan, tampaknya Cardenas Palomino kemungkinan besar akan diesktradisi ke AS.

Baca Juga: Di Meksiko, Bukan Polisi yang Memburu Penjahat, tapi Sebaliknya

Sebelumnya, Presiden Andres Manuel Lopez Obrador menyatakan, korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan yang meluas di kalangan polisi federal Meksiko merupakan faktor besar dalam keputusannya membubarkan kepolisian di tahun 2019 silam. Dia kemudian memasukkan sejumlah perwira kepolisian ke Garda Nasional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.