Kompas TV nasional update corona

Penuhi Kebutuhan Pasien Isolasi Mandiri, Kemenkes Gaet 11 Platform Telemedicine

Kompas.tv - 5 Juli 2021, 15:03 WIB
penuhi-kebutuhan-pasien-isolasi-mandiri-kemenkes-gaet-11-platform-telemedicine
Budi Gunadi Sadikin, Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) kini Menteri Kesehatan (Menkes) RI (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggaet 11 penyedia konsultasi kesehatan virtual atau telemedicine untuk melayani konsultasi dan pengiriman obat secara gratis bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri.

Seperti diketahui, pasien yang mengisolasi secara mandiri adalah mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan tanpa gejala, ataupun mengalami gejala rigan.

"Saya sampaikan di sini, yang bersangkutan (terkonfirmasi positif Covid-19) kondisi saturasinya masih 95% ke atas kemudian tidak sesat dan tidak komorbid lebih baik untuk diisolasi mandiri di rumah," jelas Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan virtual, Senin (5/7/2021).

Isolasi mandiri tersebut dilakukan, tambah Budi, agar terhindar dari over load di rumah sakit, "dan juga secara emosional akan lebih tenang, lebih baik," tambahnya. 

Isolasi mandiri di rumah juga bisa membuat imunitas terjaga. 

Pasien terkonfirmasi Covid-19, tambah Budi, disarankan ke rumah sakit jika sudah merasakan sesak atau saturasinya dibawa 95 persen dan memiliki komorbid. "Itu yang harus masuk rumah sakit," tegas Budi.

Baca Juga: Kurangi Beban Layanan RS, Kemenkes Bakal Implementasi Telemedicine Bagi Pasien Covid-19 Isoman

Agar mereka yang menjalani isolasi mandiri mendapat perhatian, Kemenkes menyiapkan konsultasi dokter dan pelayanan pegiriman obat gratis melalui 11 platform telemedicine yang digandeng pemerintah. 

"Nah, kami sangat memahami bahwa teman-teman kita yang isoman itu butuh konsultasi. Butuh ketenangan bahwa diperhatikan dan tahu bahwa mereka menerima pengobatan yang benar," kata Budi. 

"Untuk itulah, kita melakukan layanan telemedicine. Karena kalau sekarang harus datang ke rumah sakit untuk konsultasi dengan dokter, akan susah karena akan menambah risiko," tambahnya. 

Dengan 11 platform telemedicine itu, kata Budi, pemerintah dalam hal ini Kemenkes menyediakan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. "Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine start up dan juga Kementerian Kesehatan," terangnya.

Adapun 11 platform telemedicine itu adalah: Alodokter, GetWell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

"Nanti akan dikirimkan secara gratis ke teman-teman yang benar-benar tanpa gejala, sedangkan yang dengan gejala, misalnya demam, kita berikan juga paketnya secara gratis," kata Budi menambahkan.

Kata Budi, saatnya negara hadir untuk membantu rakyatnya. "Dan arahan Menko Kemaritiman dan Investasi adalah rakyat kita bisa tenang bisa mengakses pelayanan kesehatan dan  bisa tetap mendapatkan obat," jelas Budi.

Baca Juga: Sikapi 33 Pasien RSUP Dr Sardjito Meninggal, Wakil Ketua Komisi DPR: Kemenkes Harus Tanggung Jawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.