Kompas TV regional berita daerah

Lulusan SMP Sukses Bisnis Digital Marketing, Omset Ratusan Juta Rupiah Tiap Bulan

Kompas.tv - 5 Juli 2021, 09:47 WIB

PEMALANG, KOMPAS.TV - Inilah darmanto, pemuda brumur 30 tahun asal Desa Cibuyur, Warungpring Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Ia kini sukses mempekerjakan 33 para pemuda lulusan SMK di Desanya untuk bekerja membantu dirinya sebagai digital marketing.

 

Darmanto membuka usaha pembuatan website, iklan daring di media sosial hingga kursus Desain grafis. Darmanto membuka jasa membuatkan website untuk siapa saja yang ingin berbisnis secara daring, atau agar iklan si penjual muncul di media sosial maupun penelusuran google.

 

Kesuksesan darmanto berawal dari dirinya yang menjual obat herbal keliling di tahun 2013. Kemudian dengan modal satu juta rupiah, ia membeli sebuah komputer untuk menjual obat herbalnya secara daring. Terus berkembang dengan bisnis daring, akhirnya sedikit demi sedikit selain obat herbal, darmanto juga menjual kaos sablon. 

 

Meski di awal pandemi ia harus merumahkan sejumlah karyawan, namun sudah enam bulan terakhir bisnis daringnya itu kini kembali bergairah. Ia bisa mendapatkan omset Rp 300 juta perbulannya dengan berbisnis secara daring dan penjualan kaos. 

 

Menurut darmanto kunci kesuksesan dirinya ialah pantang menyerah, sehingga terus bangkit apabila mengalami kesulitan. Ia berharap para pemuda khususnya di Pemalang bisa belajar digital marketing sehingga bisa menjual produknya tidak hanya secara offline melainkan online.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x