Kompas TV feature discography

5 Peristiwa Penting pada 5 Juli: Munculnya Bikini hingga Pemilihan Presiden Wapres Secara Langsung

Kompas.tv - 5 Juli 2021, 05:20 WIB
5-peristiwa-penting-pada-5-juli-munculnya-bikini-hingga-pemilihan-presiden-wapres-secara-langsung
Ilustrasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2004. (Sumber: Kompas/Mahdi Muhammad)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV- Pada tanggal 5 Juli, banyak peristiwa penting yang terjadi di berbagai belahan dunia. Uniknya, dari peristiwa itu sejumlah peristiwa terjadi pertama kalinya. 

Seperti munculnya pakaian renang jenis bikini untuk pertama kalinya hingga di Indonesia untuk kali pertama kali pula menggelar pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung. 

Berikut ini 5 peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 5 Juli yang dirangkum KompasTV dari berbagai sumber:

Baca Juga: Peristiwa Penting pada 4 Juli: Saat Negara Adi Kuasa Amerika Serikat Proklamirkan Kemerdekaan

1. Pertama Kali Bikini Diperkenalkan

Ilustrasi bikin (Sumber: IST via Kompas.com)

Pada tanggal 5 Juli 1946, baju renang jenis bikini untuk kali pertama diperkenalkan di Paris, Prancis. Bikini adalah pakaian yang dirancang oleh perancang asal Prancis, yakni Louis Reard dan Jacques Heim. 

Bikini atau pakaian renang "dua potong" pertama kali diluncurkan untuk memperingati musim panas tanpa perang pertama di Eropa. Saat itu, pakaian renang ini diperagakan pertama kali oleh model Michelilne Bernardini.

Kemudian, ide untuk merancang pakaian renang datang saat Eropa Barat dapat menikmati musim panas tanpa perang untuk pertama kalinya. Setelah PD II, warga Eropa dapat hidup tanpa dihantui bayangan perang seperti sebelumnya.

Pada dasarnya, pakaian renang karya Reard ini dibuat dengan mengembangkan konsep bra dengan bentuk segitiga serta diberi tambahan tali. Uniknya, nama "bikini" terinspirasi dari Bikini Atoll atau pulau karang Bikini yang berada di Samudera Pasifik.

Bahkan, setelah peluncuran, model yang memeragakan pakaian itu menerima 50.000 surat dari para fans. Namun, kemasyuran bikini tak diperoleh dengan tiba-tiba.

Pakaian terbuka ini bahkan sempat dinyatakan terlarang di sejumlah wilayah di dunia. Sebut saja Perancis, Spanyol, Italia, Portugal, dan Australia. Bahkan, beberapa negara bagian di AS termasuk Florida sempat melarang penggunaan pakaian renang jenis ini.

Saat mulai dikenal di berbagai negara, Spanyol khususnya, segera melarang penggunaannya di sepanjang Pantai Mediterania.

Setelah itu, Spanyol dan Italia mulai meloloskan aturan yang membuat pakaian renang ini bisa dikenakan di tempat umum. Pelolosan ini merupakan imbas dari populernya bikini di masyarakat Eropa pada tahun 1950-an.

Baca Juga: Bikini Terlepas Saat Pesta, Perempuan Ini Dipukuli Pacarnya yang Cemburu hingga Tewas

2. Keluarnya Dekret Presiden

Suasana saat digelarnya Dekret Presiden 1959. (Sumber: Kemendikbud RI)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x