Kompas TV nasional peristiwa

Masuk Stasiun Wajib Gunakan Masker Ganda atau KN95 Mulai 5 Juli 2021

Kompas.tv - 4 Juli 2021, 15:30 WIB
masuk-stasiun-wajib-gunakan-masker-ganda-atau-kn95-mulai-5-juli-2021
Ilustrasi memakai masker ganda (Sumber: alodokter)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kereta Api Indonesia (KAI) mulai 5 Juli 2021 mewajibkan orang yang masuk stasiun gunakan masker ganda atau masker KN95.

"Setiap orang yang memasuki area stasiun wajib menggunakan masker ganda atau masker N95," kata VP Corporate Secretary Anne Purba dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Minggu (4/7/2021).

Sebagai bentuk dukungan dalam PPKM Darurat, pihaknya juga akan memperketat pembatasan jumlah pengguna KRL di setiap gerbongnya.

Baca Juga: Catat! Jam Operasinal dan Penumpang KRL Yogyakarta-Solo Dibatasi Selama PPKM Darurat

Dalam satu gerbong, menurutnya hanya boleh diisi sebanyak 52 orang atau 32 persen dari kapasitas normal. Selain itu pihaknya akan memperketat penjagaan, mulai dari masuk stasiun, masuk gate, hingga menunggu kereta di peron.

"Dengan aturan pembatasan jumlah pengguna yang baru ini, maka petugas akan membatasi lebih ketat jumlah pengguna sejak memasuki stasiun, masuk gate, hingga menunggu kereta di area peron," tambahnya.

Antisipasi penyebaran virus Covid-19 juga akan diantisipasi dengan tes acak Antigen bagi penumpang di stasiun. Apabila hasilnya reaktif, maka penumpang tidak diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan.

Baca Juga: Kemenhub Instruksikan Tes Acak di KRL Terus Dilanjutkan: Pastikan Penumpang Benar-benar Sehat

KAI Commuter mengajak seluruh pihak untuk mematuhi dan mengikuti pelaksanaan PPKM Darurat dan hanya melayani kebutuhan mendesak.

"Ketaatan terhadap aturan bekerja dari rumah dapat mengurangi potensi kepadatan di dalam perjalanan KRL serta menghindari penularan Covid-19 untuk menjaga kesehatan masyarakat khususnya para pengguna dan petugas KRL," pungkas dia.

Baca Juga: Kapasitas KRL Hingga Pesawat Dibatasi Selama PPKM Darurat, Berikut Presentasenya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x