Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Artileri di Suriah Tewaskan 8 Orang, Mayoritas Anak-Anak, Diduga Dilakukan oleh Rusia

Minggu, 4 Juli 2021 | 00:03 WIB
serangan-artileri-di-suriah-tewaskan-8-orang-mayoritas-anak-anak-diduga-dilakukan-oleh-rusia
Sejumlah orang tampak memeriksa reruntuhan rumah usai serangan artileri di desa Ibleen, di selatan provinsi Idlib, Suriah, Sabtu (3/7/2021). Serangan artileri itu menewaskan 8 orang, sebagian besar anak-anak. (Sumber: AP Photo/Ghaith Alsayed)

BEIRUT, KOMPAS.TV - Serangan artileri di kawasan yang dikuasai pemerintah dan serangan udara pada Sabtu (3/7/2021) menewaskan sedikitnya 8 orang di kantong terakhir pemberontak di Suriah. Sebagian besar korban serangan itu adalah anak-anak. Serangan itu juga menghancurkan sebuah pusat pertahanan dan penyimpanan air.

Melansir Associated Press, serangan artileri di Ibleen, sebuah desa di selatan provinsi Idlib itu mengenai rumah seorang warga bernama Subhi al-Assi, dan menewaskan para penghuninya. Al-Assi beserta istri dan ketiga anaknya yang tengah tertidur, tewas seketika. Al-Assi bekerja sebagai administrator di sebuah pusat kesehatan.

Serangan penembakan itu juga mengenai rumah seorang relawan Helm Putih, yang juga dikenal sebagai Pertahanan Sipil Suriah, bernama Omar al-Omar. Al-Omar dan istrinya terluka, namun kedua anak mereka terbunuh dalam serangan itu.

Baca Juga: Joe Biden Perintahkan Serangan Udara ke Milisi yang Didukung Iran di Perbatasan Irak-Suriah

Di desa terdekat, serangan itu juga menewaskan seorang anak dan melukai 4 anggota keluarganya.

Menurut LSM Observatori Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, serangan artileri itu disusul oleh serangan udara yang diduga dilakukan oleh pesawat tempur Rusia yang menghantam wilayah barat kota Idlib.

Menurut Helm Putih, salah satu pusat kegiatannya menjadi sasaran dan hancur lebur dalam serangan udara. Sebanyak 5 orang relawan dilaporkan mengalami luka ringan. Sebuah penyimpanan air juga rusak akibat serangan itu.

Selama beberapa pekan terakhir, kawasan di barat Idlib dilanda kekerasan yang terus meningkat antara pasukan pemerintah dan para pemberontak di benteng terakhir mereka di barat-laut provinsi Idlib. Kekerasan ini terus terjadi kendati telah diupayakan gencatan senjata tahun lalu.

Baca Juga: Rumah Sakit Al-Shifaa di Suriah Diserang Rudal, Sedikitnya 13 Orang Tewas Termasuk 2 Sopir Ambulans

Gencatan senjata itu dinegosiasikan antara Turki – yang mendukung oposisi Suriah – dan Rusia – pendukung utama pemerintahan Suriah. Saat itu, gencatan senjata berhasil menghentikan serangan darat dan udara pemerintah Suriah yang didukung Rusia dalam merebut kembali wilayah yang dihuni oleh 4 juta jiwa penduduk itu.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Rumah Roboh Akibat Hujan Deras

Selasa, 28 September 2021 | 10:22 WIB
Berita Daerah

4 Kabupaten/Kota di NTT Siaga Kekeringan

Selasa, 28 September 2021 | 09:43 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
10:30
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19