Kompas TV feature discography

Peristiwa Penting pada 4 Juli: Saat Negara Adi Kuasa Amerika Serikat Proklamirkan Kemerdekaan

Kompas.tv - 4 Juli 2021, 05:15 WIB
peristiwa-penting-pada-4-juli-saat-negara-adi-kuasa-amerika-serikat-proklamirkan-kemerdekaan
Foto ini pesta kembang api pada 4 Juli 2015. Tampak kembang api meledak di belakang bendera Amerika Serikat selama perayaan Fourth of July di State Fair Meadowlands di East Rutherford, New Jersey. Pada 4 Juli 2020, banyak orang Amerika dilarang berpesta kembang api. (Sumber: AP/Julio Cortez)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Hari keempat di bulan Juli, banyak peristiwa terjadi di belahan dunia baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Pada tanggal 4 Juli, salah satu peristiwa penting tatkala Amerika Serikat (AS) memproklamirkan kemerdekaannya. Selain itu, masih ada peristiwa penting lain yang patut dicatat dan diingat.

Berikut ini KompasTV rangkumkan 5 peristiwa penting pada tanggal 4 Juli yang dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting pada 3 Juli: Berdirinya Taman Siswa sampai Pesawat Penumpang Iran Ditembak

1. Peristiwa Perang Salib

Salahuddin Ayyubi adalah Sultan Mesir ternama, dan pendiri Dinasti Ayyubiyah. (Sumber: COMMON)

Pada tanggal 4 Juli 1187, terjadi pertempuran Hittin antara Tentara Salib asal Kerajaan Yerusalem ‎dengan kekuatan dari Sultan Salahuddin Ayyubi (Saladin). Peristiwa pertempuran ini disebut sebagai perang Tanduk Hittin, yang diambil dari sebuah gunung di dekat daerah tersebut.

Pada saat itu, pasukan kaum Muslim di bawah pimpinan Saladin menawan dan membunuh sebagian besar Tentara Salib.

Pasukan kaum Muslim menjadi kekuatan militer yang unggul di Tanah Suci, dengan menaklukan kembali Yerusalem dan beberapa kota lainnya yang sebelumnya dikuasai oleh Tentara Salib. Kekalahan Tentara Salib tersebut memicu terjadinya perang salib ketiga dua tahun kemudian

2. Amerika Serikat Memproklamirkan Kemerdekaan

Lukisan terkenal karya John Trumbull ini kerap dianggap menggambarkan suasana penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan AS tetapi sesungguhnya menggambarkan komite perancang deklarasi sedang melaporkan pekerjaannya kepada Kongres. (Sumber: Wikipedia)

Masih di tanggal ini, tapi tepatnya pada 1776, Amerika Serikat memproklamirkan kemerdekaannya dari Britania Raya atau yang sekarang lebih dikenal dengan negara Inggris. Amerika Serikat baru diakui kemerdekaannya pada 3 September 1783.

Awalnya, terdapat ‎13 koloni Inggris yang memproklamirkan kemerdekaan untuk Amerika Serikat pada, 4 Juli 1776.

Negara baru yang diproklamirkan oleh 13 koloni Inggris tersebut berhasil mengalahkan Britania Raya (Inggris) dalam Perang Revolusi.

Perang tersebut merupakan pertempuran pertama Amerika yang berhasil mengalahkan imperium Eropa. Berkembangnya jaman, Amerika Serikat menjadi negara yang berkembang pesat yang memiliki sekira 50 negara bagian.

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting pada 2 Juli: Dari Bersatunya Dua Vietnam hingga Krisis Moneter Asia Menghantam

3. Presiden Soekarno Mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI)

Para pendiri PNI, arsip dari gedung Museum Sumpah Pemuda. (Sumber: Wikipedia)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x