Kompas TV internasional kompas dunia

Kebun Binatang Oakland di Amerika Serikat Vaksinasi Covid-19 Beberapa Satwa Mereka

Kompas.tv - 3 Juli 2021, 23:27 WIB
kebun-binatang-oakland-di-amerika-serikat-vaksinasi-covid-19-beberapa-satwa-mereka
Seekor ferret (sejenis musang) menerima suntikan dosis vaksin Covid-19 sembari menikmati camilan di Kebun Binatang Oakland di California, Amerika Serikat, pada 1 Juli 2021. (Sumber: Oakland Zoo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SAN FRANCISCO, KOMPAS.TV - Kebun Binatang Oakland di Amerika Serikat pekan ini melakukan vaksinasi Covid-19 kepada beberapa satwa mereka menggunakan vaksin Covid-19 eksperimental yang diformulasikan untuk hewan, menurut sebuah laporan San Francisco Chronicle pada Jumat (02/07/2021).

Sejauh ini, Kebun Binatang Oakland telah memvaksinasi harimau, beruang grizzly, singa gunung, serta ferret (sejenis musang), menurut sebuah laporan.

Daftar hewan yang akan disuntik dipilih berdasarkan kerentanan khas mereka dalam tertular Covid-19, menurut Alex Herman, wakil presiden layanan veteriner di Kebun Binatang Oakland.

Baca Juga: Empat Singa di Kebun Binatang India Dipastikan Terinfeksi Varian Delta Covid-19

"Ada kasus-kasus nyata ketika hewan menjadi sakit ringan, sakit parah, atau bahkan mati, dan itulah mengapa kami sangat proaktif," ujar Herman seperti dikutip dalam pernyataannya. Tidak ada hewan di Kebun Binatang Oakland yang terpapar virus itu, tambahnya.

Vaksin tersebut dikembangkan oleh perusahaan kesehatan hewan Zoetis. Kebun Binatang Oakland menerima pengiriman pertama 100 dosis vaksin pada Selasa (29/06/2021).

Perusahaan itu menyumbangkan lebih dari 11.000 dosis vaksin barunya ke hampir 70 kebun binatang, serta ke lebih dari belasan konservatori, cagar alam, lembaga akademik, dan organisasi pemerintah di 27 negara bagian, menurut Zoetis.

Baca Juga: Ada PPKM Darurat Jelang Iduladha, Begini Inovasi Pedagang Hewan Kurban di Bantul

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.