Kompas TV entertainment lifestyle

Jangan Pakaikan Masker untuk Anak Batita ya Bun! Ini Kata Dokter

Kompas.tv - 3 Juli 2021, 18:17 WIB
jangan-pakaikan-masker-untuk-anak-batita-ya-bun-ini-kata-dokter
Ilustrasi anak batita (Sumber: Instagram)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peran orang tua menjadi sangat vital dalam melindungi anak dari ancaman Covid-19, terlebih dengan orang yang tanpa gejala (OTG).

Menurut dokter spesialis anak, dr Diatrie Anindyajayathi M.Sc SpA ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua. 

Pertama, tentu saja yang utama adalah menerapkan protokol kesehatan. Menghindari kerumunan, jaga jarak hindari kontak dengan orang lain, hingga menggunakan masker. 

"Namun perlu diperhatikan jika anak di bawah usia 2 tahun, tidak diperkenankan pakai masker karena saluran pernapasannya masih sempit," ujar dr Diatre menguutip dari siaran Radio Elshinta, Sabtu (2/7/2021).

Baca Juga: Pakai Masker yang Benar di Lonjakan Kasus Covid-19, Ini Tips dari Dokter RSA UGM

Ada komponen pada masker yang bisa terhirup dan dapat membuat anak tersedak. Anak usia bawah tahun, kata Diatrie juga sulit untuk mengeluhkan rasa tidak nyaman pada masker. 

"Selain itu, anak-anak bawah usia 2 tahun juga enggak nyaman dengan masker. Suka dipasang lepas. Dan, pada saat itu malah nyentuh wajah sendiri. Hal ini malah jadi transmisi bagus untuk Covid-19," bebernya.

"Bagi anak yang di bawah dua tahun, kalau tidak urgent banget disarankan untuk tidak keluar rumah dulu saja," ungkapnya.

Baca Juga: Penelitian: Masker Ganda Tangkal Lebih dari 90 Persen Partikel Batuk

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x