Kompas TV regional berita daerah

Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Penuh, Pasokan Oksigen Menipis

Kompas.tv - 3 Juli 2021, 11:35 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Meningkatknya kasus Covid-19 di Kabupaten Jember Jawa Timur membuat rumah sakit rujukan penuh dan pasokan oksigen menipis. Pihak rumah sakit langsung menambah ruang isolasi untuk mengantisipasi lonjakan.

Sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Jember Jawa Timur terisi penuh pasien corona. Angka ketersediaan ruang kamar isolasi atau Bed Occupancy Ratio sudah mencapai angka 100 persen, salah satunya di Rumah Sakit Umum Kaliwates.

Baca Juga: Puluhan Warga Rela Antre Demi Dapatkan Isi Ulang Tabung Oksigen

Pihak rumah sakit harus menambah tempat tidur di sejumlah ruangan dengan fasilitas dan peralatan kesehatan standar. Selain itu, pasokan obat-obatan dan oksigen juga mulai menipis. Padahal obat dan oksigen menjadi salah satu terapi khusus untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19.

Kondisi serupa juga terjadi di Rumah Sakit Jember Klinik Jember dan Rumah Sakit Citra Husada Jember. Untuk Rumah Sakit Citra Husada, sebanyak 24 tempat tidur pasien sudah terisi, bahkan ada 5 pasien yang masih ditempatkan sementara di ruang khusus instalasi gawat darurat.

Baca Juga: Rumah Sakit Penuh, Gerindra Minta Fasilitas di Kompleks GBK Dijadikan RS Darurat Covid-19

Pihak rumah sakit, yang isolasinya penuh, langsung merujuk pasien ke Rumah Sakit Dokter Soebandi Jember, yang masih memiliki 9 tempat tidur dari total keseluruhan 85.

#RumahSakitRujukan #Covid-19 #Oksigen



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x