Kompas TV internasional kompas dunia

Pesawat Kargo Boeing 737 Mendarat Darurat di Laut Hawaii, Kedua Pilot Selamat

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 22:19 WIB
pesawat-kargo-boeing-737-mendarat-darurat-di-laut-hawaii-kedua-pilot-selamat
Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

HONOLULU, KOMPAS.TV – Sebuah pesawat kargo Boeing 737 mendarat darurat di Samudera Pasifik di lepas pantai Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS) pada Jumat (2/7/2021) pagi.

Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) menyatakan, pendaratan darurat itu dilakukan setelah pilot melaporkan adanya kerusakan mesin.

Kedua pilot yang berada dalam pesawat kargo itu, kata FAA, telah diselamatkan.

Baca Juga: United Airlines Pesan Tambahan 200 Jet Boeing 737 MAX

Mengutip Associated Press, penerbangan Transair 810 itu lepas landas dari Bandara Internasional Honolulu pada Jumat pagi dalam penerbangan singkat menuju Pulau Maui.

Namun, pesawat kargo itu jatuh ke laut sekitar 5 kilometer dari Bandara Kalaeloa di barat Honolulu.

“Para pilot telah melaporkan adanya masalah mesin dan tengah berupaya kembali ke Honolulu saat mereka terpaksa mendarat darurat di air,” demikian bunyi pernyataan FAA.

Baca Juga: Jalan Panjang Boeing 737 MAX Untuk Kembali Mengudara

Hawaii News Now melaporkan, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 1.45 siang waktu setempat. Sekitar satu jam kemudian, tim penyelamat di helikopter Penjaga Pantai menemukan serpihan dan dua orang mengapung di laut.

Kedua awak pesawat dilaporkan telah diselamatkan oleh Penjaga Pantai. Tim penyelamat menggunakan sebuah kapal, pesawat C-130 dan sebuah helikopter untuk menyelamatkan para korban.

Menurut Komandan Penjaga Pantai AS, Letnan Karin Evelyn, seorang korban diangkat ke helikopter dan diterbangkan ke Pusat Medis Queens dalam kondisi baik. Seorang korban lainnya, yang juga dilaporkan berada dalam keadaan baik, diselamatkan ke pantai menggunakan kapal penyelamat.

Baca Juga: Boeing 737 MAX Resmi Boleh Kembali Mengudara di Langit Eropa

Melansir CNBC, pesawat kargo yang mendarat darurat itu bukanlah tipe 737 Max, yang telah dikandangkan pejabat penerbangan selama 20 bulan hingga November lalu seusai mengalami dua kecelakaan fatal.

Akibat kecelakaan itu, saham Boeing, seperti dilaporkan Newsweek, merosot.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.