Kompas TV olahraga kompas sport

Toni Kroos Umumkan Pensiun dari Tim Nasional Jerman

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 20:36 WIB
toni-kroos-umumkan-pensiun-dari-tim-nasional-jerman
Pemain Real Madrid merayakan gol yang dibuat Toni Kroos saat mengalahkan Eibar 3-1 di Stadion Alfredo di Stefano, Senin (15/6/2020) dini hari WIB. (Sumber: Instagram@realmadrid)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gelandang Real Madrid, Toni Kroos mengumumkan diri pensiun dari tim nasional Jerman pada Jumat (2/7/2021) waktu Indonesia.

Keputusan tersebut telah diambil matang-matang oleh Kroos usai Jerman tersingkir dari Euro 2020. Artinya, Kroos tidak akan membela Jerman di Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: Gagal Berikan Perpisahan Terbaik untuk Joachim Low, Manuel Neuer: Ini Menyakitkan!

Total, eks pemain Bayer Leverkusen telah tampil sebanyak 106 kali bersama Die Mannschaft dan memenangkan Piala Dunia 2014. 

Debutnya sendiri terjadi pada Maret 2010 dalam pertandingan persahabatan kontra Argentina. 

Kini, Kroos mengaku ingin lebih fokus dengan Real Madrid dan keluarganya. 

"Saya telah bermain untuk Jerman sebanyak 106 kali. Tidak ada sisa waktu lagi," tulis Kroos di akun Instargamnya. 

"[...] Sudah lama dan jelas bagi saya tidak akan berpartisipasi di Piala Dunia 2022. Utamanya karena saya ingin fokus penuh di tujuan saya bersama Real Madrid tahun depan."

"Sebagai tambahan, mulai saat ini saya akan memberikan waktu istirahat kepada saya sendiri setelah membela tim nasional selama 11 tahun terakhir."

"Terlebih lagi, sebagai suami dan ayah, saya juga ingin sering menghabiskan waktu untuk istri dan ketiga anak saya. Sebuah kehormatan besar bagi saya untuk dapat memakai jersey Jerman untuk jangka waktu yang lama," imbuhnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Toni Kroos (@toni.kr8s)

Dari total 106 penampilannya, gelandang berusia 31 tahun juga telah membukukan 17 gol. 

Gol terakhir Kroos untuk Der Panzer tercipta pada laga Kualifikasi Euro 2020 pada 16 November 2019 silam, saat menghadapi Belarusia. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x