Kompas TV regional berita daerah

Kontes Sapi Virtual, Upaya Meningkatkan Produksi Daging di saat Pandemi Covid-19

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 18:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Di tengah pandemi Covid-19, kontes sapi di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur digelar secara virtual. Kegiatan yang diikuti ratusan peserta itu diharapkan mampu meningkatkan gairah peternak dan minat pembeli yang lesu selama pandemi corona.

Kontes sapi virtual merupakan yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Banyuwangi. Konsep itu dipilih oleh Dinas Pertanian dan Pangan setempat untuk menghindari kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mengharukan, Calon Mempelai Positif Covid Lamaran Pernikahan Digelar Virtual

Ada 200 peternak yang bersaing merebutkan posisi 16 pemenang. Mereka bersaing di 8 kategori, seperti calon induk hasil inseminasi buatan, induk hasil inseminasi buatan, calon kereman, pedet jantan hasil inseminasi buatan dan pedet betina hasil inseminasi buatan.

Kontes itu diawali dengan pengambilan video hewan ternak oleh panitia. Kemudian juri melihat video itu secara detail untuk diberikan penilaian.

Baca Juga: Sang Kekasih Positif Covid-19 H-1 Acara, Lamaran Terpaksa Digelar Secara Virtual

Proses penjurian dilakukan secara daring dengan melibatkan seluruh peserta. Penilaian meliputi tinggi badan, berat badan, panjang badan dan kondisi kesehatan hewan ternak.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi, Arief Setiawan mengatakan bahwa di Banyuwangi ada 134 ribu populasi ternak sapi. Maka dengan adanya kontes ini, diharapkan mampu mendongkrak minat pembeli dan gairah peternak yang sempat lesu karena pandemi corona.

 

#KontesSapiVirtual #SwasembadaDaging #PeternakSapi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.