Kompas TV bisnis bumn

Pengelolaan TMII Diserahkan ke PT TWC, Mensetneg: Jadi Taman Ultimate Indonesia Indah

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 18:25 WIB
pengelolaan-tmii-diserahkan-ke-pt-twc-mensetneg-jadi-taman-ultimate-indonesia-indah
Keong emas salah satu tempat rekreasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyerahkan pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Persero.

Kerja sama ini berjalan usai Kemensetneg menunjuk langsung PT TWC sebagai BUMN bidang pariwisata untuk mengelola TMI. Dengan itu, PT TWC akan mengelola TMII selama 25 tahun ke depan. 

Dalam pengelolaan tempat wisata itu, PT TWC berkewajiban menyerahkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Baca Juga: PPKM Mikro Diperpanjang, TMII Ditutup Hingga 5 Juli 2021

Kemensetneg juga masih memegang kepemilikan TMII. Sehingga PT TWC tidak boleh mengalihkan atau menjaminkan tempat wisata itu pada pihak lain.

“Objek Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) meliputi tanah seluas 700.788.187 m2, bangunan yang sudah ada dan fasilitas lainnya dalam kawasan KSP. Selama berlangsungnya KSP, objek KSP tetap menjadi milik Kementerian Sekretariat Negara dan TWC tidak boleh mengalihkan atau menjaminkan kepada pihak lain,” ujar Sekretaris Kemensetneg Setya Utama dalam acara penandatanganan kerja sama, Kamis (1/7/2021).

Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno berharap, pihak pengelola yang baru menjadikan TMII sebagai objek wisata penyumbang pendapatan negara secara kreatif.

“Saya kira penting untuk dipikirkan tetap ada pendapatan, tapi juga melahirkan produktivitas. Bukan hanya mendapatkan manfaat dari ruang dan kegiatan, tapi juga mendapatkan tambahan nilai produktivitas mereka yang memanfaatkan tempat itu,” ujar Pratikno dalam keterangan yang diterima Kompas TV.

Ia meminta pihak pengelola menyulap TMII agar memberi ruang untuk ekonomi kreatif bagi kalangan muda.

Baca Juga: Setelah TMII, Aset Keluarga Cendana yang Diambil Pemerintah: Gedung Granadi dan Vila Megamendung

“Saya titip betul ada super creative hub di situ yang bisa dimanfaatkan untuk anak-anak muda. Jadi fun, tapi produktif kreatif,” kata Pratikno.

Praktikno pun memberi usul konsep perombakan TMII menjadi "Taman Ultimate Indonesia Indah".

“Saya sering menyebutnya ini harus menjadi ultimate showcase of Indonesia. Jadi ini bukan Taman Mini Indonesia Indah, tapi Taman Ultimate Indonesia Indah,” ucap Pratikno.

Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirjoatmodjo membeberkan, pihaknya telah merancang rencana pengelolaan TMII.

“TWC sudah memiliki rencana jangka pendek dan jangka panjang, di antaranya community engagement, hiburan budaya, pendidikan dan pemeliharaan, tourism & treasury fun yang akan dilakukan di wajah baru TMII sebagai Indonesia Opera,” kata Kartiko.

Baca Juga: Situasi Jalanan di Jakarta Jelang Penerapan PPKM Darurat 3-20 Juli



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x