Kompas TV regional berita daerah

Mengintip Produksi Tapis Lampung Modern

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 12:52 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Tapis Lampung mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kain tapis. Dengan memiliki corak warna yang cerah dan cantik, kain tapis lampung juga memiliki motif yang menonjolkan nilai budaya.

Salah satu lokasi pembuatan kain tapis lampung ialah pada Sanggar Tapis Jaya binaan Nurbaiti warga Desa Negeri Halangan Ratu, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Hampir setiap hari para perajin ditempat ini memproduksi kain tapis Lampung yang dipadukan dengan sentuhan modern.

Baca Juga: Viral! Wakil Bupati Lampung Tengah Joget di Pesta dan Abaikan Protokol Kesehatan

 

Kain tapis sendiri memiliki  corak warna cerah dengan motif yang selalu menonjolkan nilai nilai budaya Lampung, namun ditangan nurbaiti kain tapis dipadukan dengan sentuhan modern yang semakin diminati pembelinya.

Motif yang biasa dibuat para perajinya ialah motif Sasap Tajap, Mata Kibau Tajuk Ayun, dan Tajuk Sarung Belahan Ketupat. Bahkan tapis buatanya pernah menjuarai lomba katagori seni khas daerah tingkat nasional pada 2017 lalu.

Nurbaiti mengaku, membuat kain tapis Lampung ini sudah ia geluti dari sejak kecil yang merupakan usaha turun temurun keluarganya.

Baca Juga: Diduga Timbun BBM, Minibus Terbakar di SPBU Antasari

Tidak hanya membuat kain tapis Lampung, di sanggar miliknya nurbaiti bersama para perajin ini juga menmbuat berbagai produk lain seperi tas, jilbab, kopiah, hingga pernak pernik yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

Tapis Lampung dengan sentuhan  modernya ini dijual  dengan harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung dari motif dan kerumitan pembuatan.

Bagi  Nurbaiti dan sejumlah perajinya, memproduksi tapis lampung ini juga sebagai upaya mereka dalam menjaga kelesatarian nilai budaya Lampung, agar keberadaanya tetap eksis ditengah era modern saat ini.

#kaintapislampung #perajinkaintapis #tapismodern



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x