Kompas TV nasional sapa indonesia pagi

Bagaimana Mencegah dan Mengatasi Penyakit Tulang?

Kompas.tv - 2 Juli 2021, 10:20 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Anda kembali bersama segmen Sehat di Tengah Pandemi, tempat Anda bertanya seputar kesehatan Anda, terlebih di saat Anda ragu untuk ke rumah sakit, akibat pandemi covid-19.

Anda dapat melayangkan pertanyaan melalui Instagram @sapaindonesia_kompastv, sehari sebelum tayang atau melalui telepon interaktif saat ini, di nomor 021-5366-0500.

Kali ini sudah ada  Dokter Lia Marliana, Dokter Spesialis Ortopedi.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang telah tersedia:

@victorinemaria : Usia saya 64 tahun, tinggi saya 157 cm. Saya  merasakan semua sendi sakit dan kaku. Terutama bila habis posisi diam seperti tidur. Dari mri ada pengapuran di bahu kanan, di tulang ekor. Tulang saya kaku dan linu karena osteoporosis dok. Pada jari jari tangan mulai sakit untuk beraktifitas dan sendi kelingkin sudah menonjol dok. Apakah saya bisa sembuh dok atau memang termasuk penyakit degeneratif dok? Lalu jika memang iya, bagaimana cara memperlambat pertumbuhannya dok? 

@lya.tahlia : Ibu saya usia 58 tahun. Ibu saya terkena pengapuran pada area lututnya dok. Sudah menjalani terapi suntik 2x dok tetapi masih terasa sakit. Rasa sakit terapi suntik itu memang berasal dari terapi nya atau dari rasa sakit pengapurannya ya dok? Mohon penjelasannya dok.

@suddenly.trust : Usia saya 32 tahun. Badan saya merasa ngilu dok dan tangan suka kesemutan. Sudah berobat katanya ini gejala rematik dok. Jika obat sudah saya minum badan kembali normal dok. Namun jika obatnya habis, badan saya ngilu lagi dok. Bagaimana cara mengatasi penyakit ini tanpa ketergantungan obat dok?

@look.itsecond : Sekitar 3 minggu lalu, saya pernah terpeleset dan jatuh. Lalu tangan kiri saya keseleo dok, akibat kejadian itu. Malam nya saya di urut. Pagi nya bengkak dok. Beberapa hari kemudian bengkak nya sembuh dan mulai normal kembali tangan saya dok, tidak sakit lagi. Anehnya, tangan kiri saya selalu nyeri jika saya memegang benda berat. Apakah ini belum sembuh total dok?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x