Kompas TV bisnis perbankan

Layanan Keuangan dan Perbankan Tetap Buka Saat PPKM Darurat

Jumat, 2 Juli 2021 | 07:10 WIB
layanan-keuangan-dan-perbankan-tetap-buka-saat-ppkm-darurat
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Layanan keuangan masuk dalam sektor esensial sehingga akan tetap beroperasi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Selama masa PPKM darurat pada 3-20 Juli, lembaga jasa keuangan akan melakukan penyesuasian operasional.

Deputi Komisioner Humas dan Logistik Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Anto Prabowo meminta pelaku sektor jasa keuangan baik perbankan maupun nonbank serta pasar modal untuk mengikuti penerapan PPKM darurat ini.

”Industri keuangan tetap beroperasi secara terbatas dengan wajib menerapkan protokol kesehatan. Industri juga wajib menyediakan tunai di anjungan tunai mandiri (ATM) yang dioperasikan dengan menjaga kebersihan melalui disinfektan secara berkala,” ujar Anto, Kamis (1/7/2021), seperti dikutip dari Kompas.id.

Pengaturan operasional kantor dan pelaksanaan bekerja dari rumah diserahkan kepada masing-masing lembaga terkait. OJK juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan kapolda di Jawa-Bali untuk memastikan layanan operasional lembaga jasa keuangan tetap berjalan dengan baik.

Baca Juga: PPKM Darurat, Pemerintah Beri BST Sebesar Rp600.000

Lebih lanjut, Anto menerangkan bahwa OJK tetap beroperasi dan melakukan pengawasan serta pemeriksaan jasa keuangan. Pihaknya akan memaksimalkan layanan melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dan pengaduan konsumen OJK 157.

”Tugas pengawasan OJK kepada industri jasa keuangan akan memaksimalkan proses analisis dan pemeriksaan memanfaatkan sistem teknologi informasi serta pembinaan dan sosialisasi melalui daring serta surat menyurat surel,” ujar Anto.

Selain itu, untuk berpartisipasi dalam percepatan vaksinasi Covid 19, OJK terus melaksanakan vaksinasi massal yang telah dimulai pada Juni lalu ke seluruh Indonesia bekerja sama dengan industri jasa keuangan dengan target 335.000 orang pada Juli ini.

Jam operasional Bank Mandiri

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha menjelaskan, Bank Mandiri tetap beroperasi saat pemberlakuan PPKM darurat. Jam layanan cabangnya menjadi pukul 09.00-15.00 waktu setempat dari sebelumnya pukul 08.00-15.00. Kebijakan tersebut telah dilakukan terhitung sejak 28 Juni 2021 menyusul adanya peningkatan kasus Covid-19 di beberapa wilayah Indonesia.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Puluhan Siswa Imunisasi MR

Rabu, 15 September 2021 | 15:02 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19