Kompas TV regional kesehatan

Pakai Masker yang Benar di Lonjakan Kasus Covid-19, Ini Tips dari Dokter RSA UGM

Kamis, 1 Juli 2021 | 21:17 WIB
pakai-masker-yang-benar-di-lonjakan-kasus-covid-19-ini-tips-dari-dokter-rsa-ugm
Ilustrasi pemakaian masker. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Lonjakan kasus Covid-19 harus diantisipasi dengan protokol kesehatan yang disiplin dan ketat, termasuk memakai masker yang benar.

Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM), Titien Budhiaty, pun memberikan saran yang untuk masyarakat untuk memakai masker yang tepat.

"Masker yang dianjurkan adalah masker medis atau bedah tiga lapis untuk penggunaan sehari-hari saat aktivitas di luar rumah, masker kain tidak lagi direkomendasikan karena kurang memberikan perlindungan dari paparan virus corona," ujarnya, Kamis (1/7/2021).

Terlebih, Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) AS menganjurkan pemakaian dobel masker, masker bedah atau medis dan kain, bagi masyarakat dunia untuk memberikan perlindungan terhadap infeksi Covid-19. Hal itu juga diamplifikasi oleh Satgas Covid-19 di tanah air. 

Baca Juga: 5 Tips Memakai Masker Dobel, Efektif Cegah Penularan Covid-19

Menurut Titien, penekanan dobel masker untuk benar-benar melindungi saluran pernafasan karena penularan utama Covid-19 melalui saluran nafas. Dalam penelitian, penggunaan masker medis di bagian dalam dan masker kain di luar bisa memberikan perlindungan yang lebih besar. 

"Sebab, jika hanya masker medis biasanya menyisakan celah di bagian atas hidung dan pipi," ucapnya.

Masker yang longgar berisiko menjadi jalan masuk virus melalui celah ini, sementara masker kain lebih pas di wajah dan dapat diatur kekencangannya. Walaupun ia tidak menampik, satu masker medis cukup dengan mengikat atau membuat simpul di ujung kiri dan kanan masker sehingga menutup celah bagian samping.

"Single atau dobel masker, yang utama tetap harus pakai masker bedah atau medis," tuturnya.

Sebelum memakai masker, dianjurkan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau handsanitizer.

Baca Juga: Mengapa Perlu Pakai Masker Dobel? Ini Penjelasan dan Cara Pakai yang Benar

Lalu, pasang masker menutupi mulut, hidung, dan dagu. Tekan bagian atas masker agar mengikuti bentuk hidung dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker. 

Kencangkan tali atau buat simpul di ujung masker apabila bagian samping terasa longgar hingga tertutup sempurna. 

Selanjutnya, hindari menyentuh masker saat digunakan, jika tersentuh cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer. Ganti masker setelah empat jam atau jika terasa basah atau lembab. Lepas masker melalui bagian tali, gunting, dan segera buang ke tempat sampah.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Bripka Madih Sebut Tak Mencari Sensasi Lewat Kasusnya

Minggu, 5 Februari 2023 | 23:24 WIB
Close Ads x