Kompas TV regional berita daerah

2000 Warga Binaan Lapas Banjarmasin Disuntik Vaksin Covid-19, WBP Tanpa KTP Tetap Divaksin

Kompas.tv - 1 Juli 2021, 20:12 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Usai dibuka Wali Kota Banjarmasin, vaksinasi di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas IIA Banjarmasin resmi berlangsung selama 3 hari sejak selasa pagi (29/6/2021).

Dibantu 7 puskesmas, vaksinasi menyasar target 2000 lebih warga binaan Lapas Banjarmasin atau hampir seluruh dari total jumlah warga binaan yang mencapai 2.145 orang.

Baca Juga: TNI AL Lanal Banjarmasin Gelar Serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Trisakti, Terbuka Untuk Umum

Kepala Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Porman Siregar, menyebut jumlah peserta vaksinasi kali ini merupakan terbanyak lingkungan lapas se Indonesia.

Pasalnya Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Kesehatan memberi kelonggaran bagi warga binaan yang tidak memiliki KTP untuk ikut divaksin.

Padahal  di sebagian besar Lapas di Indonesia yang menyelenggarakan vaksinasi hal tersebut menjadi kendala.

“Bahwa persoalan di lapas rutan lain di Kalimantan Selatan adalah persoalan KTP sehingga warga binaan tidak bisa divaksin, oleh karena itu Direktur menyampaikan coba belajar dengan kalapas Banjarmasin, saya bilang caranya satu, komunikasi yang baik,” ungkap Kalapas, Porman Siregar.

Sementara Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, menjelaskan hal tersebut mengingat penyebaran covid-19 tidak terbatas pada domisili di KTP.

“Covid-19 kan tidak mengenal KTP dia dimanapun bisa tertular oleh karena itu ketika ada sasaran langsung saja, seperti penghuni lapas ini,” ucap Ibnu Sina.

Baca Juga: Bersedia Divaksin, Satpam Wanita di Banjarmasin Berharap Pandemi Segera Berlalu

Dengan vaksinasi, warga binaan berharap kedepan muncul kebijakan pemerintah agar mereka dapat kembali dijenguk bertemu langsung dengan keluarga.

“Ya kami harapkan nantinya bisa ketemu keluarga, sudah setahun lebih tidak ketemu, selama ini hanya lewat jenguk video-call,” ungkap Andre, seorang warga binaan.

Selain membantu terwujudnya kekebalan kelompok, dengan kondisi over kapasitas Lapas Banjarmasin vaksinasi  ini diharapkan mencegah warga binaan terjangkit covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x