Kompas TV nasional update corona

Kasus Varian Kappa Ditemukan di Jakarta, Kenali Mutasi Ini!

Kompas.tv - 1 Juli 2021, 12:32 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Satu kasus virus Corona varian baru ditemukan di Jakarta. Varian tersebut B.1.617.1 atau Varian Kappa.

Kasus ini merupakan kasus pertama yang ditemukan di Jakarta. Informasi ini disampaikan oleh Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono lewat akun twitter pribadinya.

“Deltaforce alias Mutan Delta mendominasi Jakarta, 87%, dari 128 sampel kasus. Tidak heran lonjakan akan tinggi kalau aktivitas penduduk masih tinggi dan perilaku 3M sangat rendah. Lonjakan yg melesat ditentukan Perilaku Manusia dan Karakter Virusnya. Perlu pengetatan yg maksimal,” ujar Pandu Riono.

Dalam unggahannya ia juga menampilkan data bahwa ada beberapa kasus varian delta, 11 kasus varian Alpha, 5 kasus varian Beta dan 1 kasus varian Kappa yang ditemukan di Jakarta.

Varian Kappa didokumentasikan pada Oktober 2020 di India.

Namun, varian Kappa tidak terdaftar sebagai variants of concern atau varian yang menjadi perhatian versi Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

Sebaliknya, WHO menggolongkan varian Kappa sebagai variants of interest. Meski begitu, varian Kappa juga memiliki kemampuan yang menular dengan sangat cepat dan berpotensi mematikan.

Video Editor: Novaltri Sarelpa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x