Kompas TV nasional peristiwa

Prabowo Subianto Bertemu Dirjen WHO di Swiss, Ini yang Dibahas

Kompas.tv - 1 Juli 2021, 09:11 WIB
prabowo-subianto-bertemu-dirjen-who-di-swiss-ini-yang-dibahas
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Dirjen WHO Dr Tedros A Gebreyesus di Swiss Rabu (30/6/2021) (Sumber: Laman Kementerian Pertahanan RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu langsung dengan Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Dr. Tedros A. Ghebreyesus, di Kantor Pusat WHO, Jenewa, Swiss, Rabu (30/6/2021). 

Juru bicara Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan,  dalam pertemuan tersebut keduanya membahas beberapa agenda terkait penanganan pandemi Covid-19. 

"Pertemuan tersebut membahas beberapa agenda terkait penanganan pandemi Covid-19 dan isu keamanan kesehatan lainnya," kata Dahnil dalam keterangannya, Kamis (1/7/2021).

Dalam kesempatan itu, Prabowo menyampaikan apresiasi Indonesia kepada WHO atas pengembangan Covid-19 Partners Platform sebagai wadah yang memfasilitasi koordinasi antar negara dan mitra untuk penanganan pandemi.

Menurut penjelasannya, Menhan juga berupaya meningkatkan kapasitas Indonesia terkait dengan keamanan kesehatan Indonesia khususnya terkait peran Kemenhan dan sumber daya pertahanan menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Menhan Prabowo ke Paris, Ada Apa?

Dahnil juga menyebut kesiapsiagaan Indonesia untuk menghadapi kedaruratan kesehatan di masa mendatang juga menjadi perhatian Prabowo. 

"Indonesia melalui Menhan berencana membangun Center of Excellence dibidang Keamanan Kesehatan pada tingkat provinsi," ujar dia. 

Inisiatif ini, lanjut dia, akan memperkuat kapasitas Indonesia dalam mendeteksi, menangkal dan menghadapi tantangan kesehatan masa depan pada tingkat provinsi.

"Hal ini juga akan memperkuat kapastias 110 rumah sakit militer dalam penanganan COVID-19, termasuk memastikan penyediaan layanan kesehatan dasar selama pandemi," jelas Dahnil.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.