Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Program Surge Guyur Rp 800 Miliar untuk 23 Startup, 3 di Antaranya dari Indonesia

Kompas.tv - 1 Juli 2021, 04:05 WIB
program-surge-guyur-rp-800-miliar-untuk-23-startup-3-di-antaranya-dari-indonesia
Ilustrasi Startup. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Program percepatan startup dari Sequoia Capital di India dan Asia Tenggara, Surge, mengumumkan kohort kelima dan terbesar. Kohort kelima ini terdiri dari 23 startup tahap awal.

Perusahaan rintisan tersebut mendapat total pendanaan senilai USD 55 juta atau sekitar Rp 800 miliar dari Surge dan investor lain.

Program yang dimulai pada 30 Juni ini memiliki 10 founders perempuan. Jumlah tersebut terbanyak dalam kohort semenjak Surge pertama kali dimulai dua tahun lalu pada Maret 2019.

Dari 23 perusahaan, mayoritas dari 13 perusahaan berada di sektor fintech, pembayaran, komunikasi, logistik, dan Software as a Service (SaaS).

Adapun pula tiga startup asal Indonesia yang telah dipilih untuk berpartisipasi dalam kohort Surge kelima tersebut.

Baca Juga: Saat Pandemi Apakah Akan Menambah Peluang Startup Baru atau Tidak | NGOPI (1)

Ketiga startup Indonesia itu adalah Durianpay, penyedia pembayaran end-to-end; Rara Delivery, pengiriman instan revolusioner untuk brand e-commerce di Indonesia; dan Bukugaji/Vara, platform manajemen staf yang mudah digunakan dan ringan untuk UMKM di seluruh Asia Tenggara.

Managing Director Surge & Sequoia India Rajan Anandan mengatakan, Sequoia Capital India adalah mitra awal untuk beberapa perusahaan paling berpengaruh di Indonesia sejak 2014.

"Dengan Surge, kami bersemangat untuk mendukung startup Indonesia di masa depan. Perusahaan-perusahaan ini membantu mendigitalkan dan modernisasi industri tradisional dan kami bangga mendukung mereka," katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/6/2021).

Hingga kini komunitas Surge telah memiliki 203 founders dari 91 perusahaan yang membangun perusahaan di 15 sektor. Hampir 50 persen perusahaan dari tiga kohort pertama telah mendapatkan pembiayaan Seri A.

Rajan mengungkap bahwa program Surge sudah dicoba, diuji, dan terbukti dalam mendukung para founders melalui bimbingan strategis dari beberapa startup dan pemikir bisnis terbaik dunia.

Tak hanya itu, program ini juga memberikan dukungan pembangunan perusahaan langsung dan menyediakan komunitas dukungan dari founders ke founders.

Para founders Surge menjalani program virtual selama 16 minggu yang ketat serta dirancang untuk meningkatkan bisnis mereka dan memberi akses ke Sequoia dengan pengetahuan globalnya selama 49 tahun. Termasuk mengombinasikan dengan alat dan pengalaman dari jaringan pendiri dan operator perusahaan yang sukses.

Baca Juga: Startup CoLearn Raih Pendanaan Seri A Rp 143 Miliar untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Program ini juga mencakup hal-hal fundamental dalam membangun perusahaan, dan diakhiri dengan minggu investor yang disebut sebagai UpSurge. Dalam hal ini para founders memiliki kesempatan untuk membangun koneksi dan hubungan, serta menemukan calon investor dan mitra yang akan menjadi bagian dari perusahaan mereka untuk jangka panjang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.