Kompas TV nasional peristiwa

Tetap Jaga Kesehatan, Awal Bulan, 1 Juli 2021 BMKG Sebut 16 Daerah di Indonesia Bakal Hujan Lebat

Kompas.tv - 1 Juli 2021, 04:45 WIB
tetap-jaga-kesehatan-awal-bulan-1-juli-2021-bmkg-sebut-16-daerah-di-indonesia-bakal-hujan-lebat
Motor tetap berjalan dibawah guyuran hujan di sertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(14/4/2021). Dalam artikel terdapat peringatan dini BMKG, waspada cuaca ekstrem hujan lebat di 13 wilayah Indonesia, Minggu (25/4/2021). (Sumber: WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Sama halnya dengan bulan Juni lalu, terutama mulai terjadi pada pertengahan bulan, maka pada Juli ini cuaca di Indonesia diprediksi tetap akan lebih banyak mengalami cuaca ekstrem.

Praktis, adanya cuaca ekstrem berupa turunnya hujan mulai intensitas ringan hingga lebat yang disertai dengan angin kencang membuat kita harus tetap selalu menjaga kesehatan.

Seperti pada hari ini, Kamis (1/6/2021), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut 16 daerah di Indonesia berpotensi hujan lebat disertai angin kencang.

Sementara itu, enam daerah lainnya berpotensi hujan disertai angin kencang dan kilat/petir.

Baca Juga: Waspada! Akhir Bulan, 27 Wilayah Ini Alami Cuaca Ekstrem, BMKG: Potensi Hujan Lebat Disertai Petir

Melansir laman bmkg.go.id, BMKG juga menyatakan terdapat satu daerah yang berpotensi terjadinya angin kencang. Melalui narasinya, BMKG menyatakan sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik timur Filipina.

Hal ini yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di Filipina bagian tengah, di Laut Sulawesi dan di perairan utara Halmahera.

Serta daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Kalimantan Timur, di Maluku Utara bagian barat, dan dari Papua Barat hingga perairan utara Papua Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut prakiraan cuaca BMKG 1 Juli 2021, yang dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id:

Baca Juga: Info Cuaca Hari Ini, Selasa 29 Juni 2021, BMKG: Cuaca Ekstrem di 25 Wilayah Berupa Hujan Serta Angin

Wilayah yang dapat berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir:

• Aceh

• Bengkulu

• Sumatera Selatan

• Jawa Barat

• Kalimantan Tengah

• Kalimantan Utara

• Kalimantan Timur



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x