Kompas TV internasional kompas dunia

Gelombang Panas di AS Capai 46 Derajat Celsius, Sebabkan 12 Tewas dan Pemadaman Listrik Bergilir

Kompas.tv - 30 Juni 2021, 23:17 WIB
gelombang-panas-di-as-capai-46-derajat-celsius-sebabkan-12-tewas-dan-pemadaman-listrik-bergilir
Matahari bersinar penuh di dekat Space Needle di Seattle, Amerika Serikat (AS), Senin (28/6/2021). Akibat serangan gelombang panas, Seattle dan sejumlah kota di barat-laut AS mencatat rekor suhu tertinggi hingga melampaui 37,7 derajat Celsius. (Sumber: AP Photo/Ted S. Warren)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Sekitar selusin orang tewas di Washington dan Oregon, Amerika Serikat (AS), menyusul gelombang panas yang hebat hingga menyebabkan suhu panas melanda bagian barat-laut AS. Serangan gelombang panas juga menyebabkan pemadaman listrik bergilir di Spokane.

Pada Selasa (29/6/2021), suhu panas yang sempat melampaui 37,7 derajat Celsius itu sempat mereda di Seattle dan Portland. Namun di pedalaman Spokane, kota-kota kecil di timur Oregon dan Idaho mengalami peningkatan suhu.

Sejumlah kota di Idaho juga mencatat suhu melampaui 37,7 derajat Celsius. Titik terpanas berada di Lewiston dengan suhu yang mencapai hingga 46,1 derajat Celsius.

Baca Juga: Capai 40 Derajat Celsius, Amerika Serikat Dilanda Gelombang Panas

Melansir Associated Press, pihak berwenang setempat menyatakan, sejumlah warga tewas akibat serangan suhu panas.

The Seattle Times melaporkan, dua orang perempuan tewas lantaran mengalami hipertermia, yakni kondisi ketika suhu tubuh terlalu tinggi. Kedua korban merupakan warga Seattle yang berusia 65 tahun dan warga Washington yang berusia 68 tahun.

Daily Herald mengabarkan, 3 orang lelaki berusia 61, 75, dan 77 tahun juga tewas setelah mengalami serangan panas di rumah mereka. Mereka berasal dari Everett, Granite Falls, dan Marysville di Washington.

Seorang pekerja dari Guatemala di sebuah peternakan di Oregon juga tewas akibat serangan suhu panas.

Empat kematian tercatat di Puget Sound, Bremerton, Washington, dan diperkirakan terkait gelombang panas yang melanda.

Di Bend, Oregon, kematian dua tunawisma tampaknya juga berkaitan dengan serangan suhu panas.

Sejumlah warga tampak beraktivitas di Danau Union Park saat gelombang panas melanda Pasifik Barat-Laut di Seattle, Amerika Serikat, Minggu (27/6/2021). (Sumber: AP Photo/John Froschauer)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x