Kompas TV kolom catatan jurnalis

Tempat Olahraga Tutup, Jangan Mager! Yuk Workout di Rumah

Rabu, 30 Juni 2021 | 20:40 WIB
tempat-olahraga-tutup-jangan-mager-yuk-workout-di-rumah
Jurnalis KompasTV Yasir Nene Ama aktif berolahraga meski di rumah saja. (Sumber: Dok. Yasir Nene Ama)
Penulis : Laura Elvina

Catatan jurnalis: Yasir Neneama

Tempat atau area olahraga banyak yang ditutup akibat lonjakan kasus covid-19. Tapi hal ini jangan kamu jadikan alasan untuk malas berolahraga.

Olahraga ternyata bisa loh kita lakukan di rumah. Selain itu, berolahraga di rumah dapat membuat kita terhindar dari penularan covid-19.

Kalau kata Dokter spesialis kedokteran olahraga, Adhika Raspati, SpKO, olahraga di luar rumah atau di tempat publik itu masih beresiko untuk penyebaran covid-19 karena saat berolahraga kebanyakan orang akan abai dengan penerapan protokol kesehatan. 

“Kenapa olahraga di luar rumah itu beresiko untuk penyebaran covid-19? Karena olahraga di luar rumah itu kadang kadang suka nggak pakai masker atau mereka suka lepas masker apalagi kalau mereka beresiko berat, pada saat lepas masker droplet pasti banyak menyebar,” ujar Andhika Raspati.

“Kan saya olahraganya sendiri, dan tetap pakai masker!”.

Ini adalah beberapa alasan dari mereka yang masih ingin berolahraga di tempat publik. Dokter Andhika pun punya jawabannya soal ini. 

“Kalau mau olahraga di luar, prokes harus banget, tapi kan saat berolahraga kadang nggak nyaman dan lepas masker. Apalagi varian baru ini tingkat penularannya lebih cepat. Jadi sebaiknya menahan diri dulu untuk berolahraga di luar rumah,” ujar dokter Andhika.

Tren olahraga di rumah

Olahraga di rumah pun kini menjadi tren di masyarakat. Bisa dilihat dari banyak foto atay video workout di rumah atau di kost yang di unggah di media sosial. Bahkan para healthy influencer pun gencar menkampanyekan olahraga di rumah.

Salah satunya adalah pemilik pusat kebugaran di Jogjakarta Marcellino Indrawan. Bersama tim yang tergabung dalam gerakan @mager.buster, mereka aktif mengkampanyekan olahraga di rumah selama pandemi covid-19.

“Nah yang baru kita angkat kemarin di Mager Buster adalah gerakan olahraga di rumah. Melalui mager buster, kami kasih beberapa contoh gerakan yang bisa di lakukan saat berolahraga di rumah. Fokus mager buster juga pada edukasi soal konsistensi waktu dalam berolahraga. Pilih waktu yang tepat dan komitmen terhadap waktu #antimager,” ujar Nino Dermawan.

Olahraga di rumah bisa dibuat se-menyenangkan mungkin sehingga tidak hanya memberikan efek sehat pada tubuh tapi bisa juga jadi stress rilis kita. Lalu seperti apa jenis olahraga yang bisa kita lakukan di rumah?

Jenis olahraga di rumah

Banyak gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Yang harus diperhatikan adalah lakukan dengan porsi yang tepat dan gerakan yang benar.

Pakar Gizi dan Olahraga Indonesia, Mury Kuswari punya beberapa tips buat kita: 

1. Mulailah dengan gerakan yang sederhana atau beban yang ringan misalnya berjalan/jogging di tempat, wall push up atau sekedar mengangkat tumbler atau tumpukan buku yang ada dirumah. Lakukan gerakan ini secara berulang dan teratur.

2. Temani latihan kamu dengan musik sesuai dengan selera kamu dan bisa juga menjadi penyemangat dan ritme gerakan sehingga menjadi lebih teratur.

3. Mulailah dengan waktu yang singkat dan berulang dalam sehari sehingga olahraga dirumah menjadi menyenangkan.

Olahraga di rumah dengan kelas virtual

Buat kamu yang masih bingung gerakan olahraga di rumah, kamu bisa mengikuti kelas virtual yang banyak dibuat oleh pelatih kebugaran. Seperti yang dilakukan oleh pelatih kebugaran Andhara Yanoe.

Pemilik akun instagram @andhara.y.d dengan 30K lebih pengikut ini aktif mengadakan kelas virtual gratis atau berbayar yang bisa diikuti dari rumah lewat aplikasi Zoom, Google Meet atau live instagram.

“Kelas virtual workout bersama ini biasa saya lakukan berkala semenjak pandemi. Ada yang gratis ada yang berbayar karena kolaborasi dengan pihak lain. Dengan kelas virtual ini kita bisa mengoreksi gerakan kalau ada yang salah dan bisa tahu porsi olahraga yang tepat. Selain itu yang saya rasakan kalau olahraga secara virtual ini adalah bisa saling menyemangati meski secara virtual,” ujar Andhara Yanoe.

Olahraga secara virtual juga bisa jadi mood buster kamu karena dilakukan bersama dengan teman teman. Nah, kamu bisa juga bisa buat kelas virtual untuk berolahraga bersama teman temanmu dari rumah masing masing. Bisa undang Instruktur atau mengikuti tutorial yang ada di youtube.

Hal ini sekaligus bisa jadi ajang untuk bercengkrama atau sharing. Tapi ingat, porsi olahraganya harus lebih banyak ya, dibandingkan ngobrolnya... Yuk!! Olahraga di rumah...

Baca Juga: Anies: Olahraga Dekat Rumah Saja, Situasi Corona Sekarang Beda!


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x