Kompas TV kolom catatan jurnalis

Tempat Olahraga Tutup, Jangan Mager! Yuk Workout di Rumah

Kompas.tv - 30 Juni 2021, 20:40 WIB
tempat-olahraga-tutup-jangan-mager-yuk-workout-di-rumah
Jurnalis KompasTV Yasir Nene Ama aktif berolahraga meski di rumah saja. (Sumber: Dok. Yasir Nene Ama)
Penulis : Laura Elvina

Catatan jurnalis: Yasir Neneama

Tempat atau area olahraga banyak yang ditutup akibat lonjakan kasus covid-19. Tapi hal ini jangan kamu jadikan alasan untuk malas berolahraga.

Olahraga ternyata bisa loh kita lakukan di rumah. Selain itu, berolahraga di rumah dapat membuat kita terhindar dari penularan covid-19.

Kalau kata Dokter spesialis kedokteran olahraga, Adhika Raspati, SpKO, olahraga di luar rumah atau di tempat publik itu masih beresiko untuk penyebaran covid-19 karena saat berolahraga kebanyakan orang akan abai dengan penerapan protokol kesehatan. 

“Kenapa olahraga di luar rumah itu beresiko untuk penyebaran covid-19? Karena olahraga di luar rumah itu kadang kadang suka nggak pakai masker atau mereka suka lepas masker apalagi kalau mereka beresiko berat, pada saat lepas masker droplet pasti banyak menyebar,” ujar Andhika Raspati.

“Kan saya olahraganya sendiri, dan tetap pakai masker!”.

Ini adalah beberapa alasan dari mereka yang masih ingin berolahraga di tempat publik. Dokter Andhika pun punya jawabannya soal ini. 

“Kalau mau olahraga di luar, prokes harus banget, tapi kan saat berolahraga kadang nggak nyaman dan lepas masker. Apalagi varian baru ini tingkat penularannya lebih cepat. Jadi sebaiknya menahan diri dulu untuk berolahraga di luar rumah,” ujar dokter Andhika.

Tren olahraga di rumah

Olahraga di rumah pun kini menjadi tren di masyarakat. Bisa dilihat dari banyak foto atay video workout di rumah atau di kost yang di unggah di media sosial. Bahkan para healthy influencer pun gencar menkampanyekan olahraga di rumah.

Salah satunya adalah pemilik pusat kebugaran di Jogjakarta Marcellino Indrawan. Bersama tim yang tergabung dalam gerakan @mager.buster, mereka aktif mengkampanyekan olahraga di rumah selama pandemi covid-19.

“Nah yang baru kita angkat kemarin di Mager Buster adalah gerakan olahraga di rumah. Melalui mager buster, kami kasih beberapa contoh gerakan yang bisa di lakukan saat berolahraga di rumah. Fokus mager buster juga pada edukasi soal konsistensi waktu dalam berolahraga. Pilih waktu yang tepat dan komitmen terhadap waktu #antimager,” ujar Nino Dermawan.

Olahraga di rumah bisa dibuat se-menyenangkan mungkin sehingga tidak hanya memberikan efek sehat pada tubuh tapi bisa juga jadi stress rilis kita. Lalu seperti apa jenis olahraga yang bisa kita lakukan di rumah?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x