Kompas TV nasional peristiwa

Hari Kedua Pencarian, Tim SAR Gabungan Temukan Tiga Jenis Barang Milik KMP Yunicee

Kompas.tv - 30 Juni 2021, 20:20 WIB
hari-kedua-pencarian-tim-sar-gabungan-temukan-tiga-jenis-barang-milik-kmp-yunicee
Jaket Pelampung penumpang KMP Yunicee yang tenggelam di perairan Selat Bali, Selasa (29/6/2021) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Hari kedua pencarian korban hilang Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee, tim SAR gabungan menemukan tiga jenis barang milik kapal.

Tiga jenis barang yang ditemukan Tim SAR Gabungan, yaitu 20 buah baju pelampung atau life jacket, satu ban pelampung kapal, dan satu alat keselamatan kapal saat berlayar atau ILR.

Ketiga benda tersebut ditemukan 7 mil dari lokasi tenggelamnya KMP Yunicee, tepatnya di selatan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali.

"Life jacket dan ILR serta ban pelampung ini kami temukan hari ini di selatan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, sekitar 7 mil dari lokasi tenggelamnnya KMP Yunicee," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjung Wangi, Banyuwangi Letkol Marinir Benyamin Ginting dikutip dari Antara, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: KRI Rigel Ungkap Lokasi Bangkai KMP Yunicee: Tenggelam di Dasar Selat Bali Kedalaman 78 Meter

Benyamin menjelaskan, petugas yang menemukan tiga jenis benda milik KMP Yunicee itu ditemukan terpisah dan tersebar di tengah laut. Sehingga sebelum dibawa ke daratan, pihaknya lebih dulu mengumpulkan satu per satu.

Tim SAR menjamin pelampung yang ditemukan merupakan milik KMP Yunicee, sebab telah tersemat nama tersebut di masing-masing benda yang ditemukan.

"Dipastikan baju pelampung ini milik KMP Yunicee karena ada namanya. Jadi, setiap baju pelampung pasti sesuai dengan nama kapal," tambahnya.

Bahkan pihaknya juga menduga pelampung yang ditemukan, sebelumnya sempat digunakan oleh para penumpang kapal. Hal ini terlihat dari pengait pelampung yang sudah terbuka.

Baca Juga: KMP Yunicee Tenggelam di Perairan Selat Bali, 14 Orang Masih Dalam Pencarian

Diketahui sebelumnya, insiden tenggelamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee di Perairan Selat Bali di sekitar Pelabuhan Gilimanuk pada Selasa (29/6/2021) pukul 19.12 WITA berlangsung sangat cepat. Hanya 5 menit kapal jenis Feri penyeberangan itu karam. 

Kapal ini mengangkut 57 orang yang terdiri dari 13 orang kru, tiga orang petugas kantin, dan 41 orang penumpang.

Hingga hari kedua pencarian penumpang yang sudah terevakuasi selamat sebanyak 39 orang, meninggal dunia 7 orang, dan masih dalam pencarian 11 orang.

Baca Juga: Satu Keluarga Jadi Korban KMP Yunicee, Jenazah Ibu dan Satu Anak Dimakamkan di Karangasem Bali



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x