Kompas TV nasional update corona

Jubir Satgas Covid-19 Sebut Indonesia Memasuki Gelombang Kedua

Kompas.tv - 30 Juni 2021, 18:06 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Kasus covid-19 mingguan di Indonesia terus mencapai puncaknya bahkan lebih tinggi dari puncak kasus yang terjadi Januari 2021.

Pada Minggu 27 Juni lalu, Indonesia bahkan mencetak rekor baru 21.345 kasus dalam satu hari, ini merupakan kasus harian tertinggi selama pandemi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, Indonesia kini telah memasuki gelombang dua atau second wave covid-19.

"Hal ini menandakan second wave atau gelombang kedua kenaikan kasus covid di Indonesia" ujar Wiku yang kami kutip dari situs Satgas Covid-19.

Menurut Wiku, kenaikan dari titik kasus terendah sebesar 283 persen dan memuncak dalam waktu 13 minggu pada puncak kasus pertama.

Sedangkan pasca Lebaran tahun ini, kenaikan dari titik kasus terendah mencapai 381 persen atau hampir 5 kali lipatnya dan mencapai puncak dalam waktu 6 minggu.

Masyarakat yang nekat mudik saat pelarangan serta arus balik 1-2 minggu pasca Idul Fitri menyebabkan mobilitas warga tinggi dan berdampak pada kenaikan kasus.

Situasi ini diperparah dengan varian baru korona lebih cepat menular seperti B.1.617 asal India atau delta yang semakin banyak masuk ke Indonesia.

Wiku mengimbau masyarakat harus terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan tidak abai meski sudah divaksin.

Ditambah lagi, keberhasilan pengendalian dari lonjakan kasus juga bergantung pada kesiapan masing-masing daerah dalam menjalankan strategi penanganan corona.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x