Kompas TV nasional update corona

Jokowi: PPKM Darurat Hanya di Pulau Jawa dan Bali, Diterapkan di 6 Provinsi dan 44 Kabupaten/Kota

Kompas.tv - 30 Juni 2021, 17:46 WIB
jokowi-ppkm-darurat-hanya-di-pulau-jawa-dan-bali-diterapkan-di-6-provinsi-dan-44-kabupaten-kota
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah berencana menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro darurat di Pulau Jawa dan Bali.

Hal tersebut dilakukan pemerintah guna menanggulangi kasus Covid-19 yang terus melonjak.

Baca Juga: PPKM Darurat, Ekonom Usul BLT Gaji untuk Pekerja Rp5 Juta dan WFH 100 Persen

Saat ini, kata Jokowi, pemerintah sedang memfinalisasi rencana kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro darurat tersebut.

Nantinya, Jokowi menambahkan, penerapan PPKM mikro darurat bakal diberlakukan 6 provinsi yang terdiri atas 44 kabupaten/kota.

"(PPKM mikro darurat) khusus hanya di Pulau Jawa dan Pulau Bali karena ada 44 kabupaten serta kota dan 6 provinsi yang nilai asesmennya 4," kata Jokowi dalam pidatonya di acara Munas Kadin yang disiarkan lewat kanal Youtube pada Rabu (30/6/2021).

Jokowi menambahkan, PPKM Darurat yang akan diterapkan di 44 kabupaten/kota di 6 provinsi Jawa-Bali kemungkinan bakal dilaksanakan selama dua pekan.

Baca Juga: Empat Poin yang Anies Minta kepada Pemerintah Pusat pada Rapat PPKM Darurat

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, untuk memimpin pembahasan finalisasi PPKM mikro darurat tersebut.

"Hari ini ada finalisasi kajian (PPKM mikro darurat). Kita harapkan selesai karena diketuai oleh Pak Airlangga, Pak Menko Ekonomi untuk memutuskan diberlakukannya PPKM Darurat," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, PPKM Darurat dibahas usai jumlah kasus di Indonesia terus naik. Sebab, karena alasan itulah jumlah keterisian rumah sakit terus meningkat.

Sebelumnya, pemerintah pusat telah menggelar rapat virtual bersama sejumlah pemerintah daerah membahas rencana PPKM darurat pada Selasa (29/6/2021).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x