Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Torehkan Jumlah Kematian Covid-19 Harian Tertinggi, Moskow Berlakukan Pembatasan Baru

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 22:32 WIB
rusia-torehkan-jumlah-kematian-covid-19-harian-tertinggi-moskow-berlakukan-pembatasan-baru
Ilustrasi vaksinasi seorang warga saat tengah menerima suntikan vaksin Covid-19 Sputnik V di Moskow, Rusia, Sabtu (5/12). (Sumber: AP Photo / Pavel Golovkin)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

MOSKOW, KOMPAS.TV – Otoritas Rusia melaporkan 652 kematian pada Selasa (29/6/2021), yang merupakan jumlah angka kematian tertinggi dalam sehari selama pandemi Covid-19.

Rekor baru ini terjadi seiring perjuangan Rusia menekan lonjakan penularan dan kematian serta rendahnya penerimaan vaksinasi di negara itu.

Melansir Associated Press, gugus tugas virus corona Rusia telah melaporkan lebih dari 20.000 kasus baru dan sekitar 600 kematian setiap hari sejak Kamis (24/6/2021) pekan lalu.

Pada Selasa, tercatat sebanyak 20.616 kasus penularan baru dilaporkan.

Lemahnya sikap pemerintah dalam mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan dituding menjadi penyebab lonjakan kasus penularan baru.

Pun, varian virus yang terus menyebar dan rendahnya tingkat vaksinasi.

Meski Rusia merupakan salah satu negara yang pertama mengumumkan dan memproduksi vaksin Covid-19, hanya sekitar 14% dari total populasinya yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.  

Baca Juga: Rusia Rekor Kematian Corona Harian Tertinggi, 619 Orang dalam Sehari

Rusia mencatat hampir 5,5 juta kasus Covid-19 yang terkonfirmasi dan 134.545 kematian selama pandemi.

Sementara itu, seiring adanya lonjakan kasus penularan baru, sejumlah restoran dan kafe di Moskow sejak Senin (28/6/2021) mulai meminta para pelanggan mereka menunjukkan bukti vaksinasi atau hasil tes Covid-19 negatif.

Berdasarkan keputusan otoritas Moskow pekan lalu, seluruh restoran, kafe dan bar di kota itu hanya boleh menerima pelanggan yang telah divaksinasi, sembuh dari Covid-19 selama 6 bulan terakhir, atau dapat menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif dalam jangka waktu 72 jam sebelumnya.

Baca Juga: Rusia Segera Suntikkan Vaksin Covid-19 Dosis Tunggal Baru, Sputnik Light, untuk Hadang Varian Delta

Demi mendapatkan bukti vaksinasi untuk mengunjungi restoran, pelanggan harus mendaftar di situs web pemerintah dan mendapat kode QR.

Namun, selama 2 pekan ke depan, kode ini tak diperlukan bagi restoran yang memiliki teras luar ruangan.

Para pelanggan di bawah umur juga tak diwajibkan menunjukkan bukti dokumentasi jika didampingi oleh orang tua mereka.

Sejumlah pembatasan baru ini diberlakukan lantaran Moskow telah mencatat jumlah kasus yang setara dengan jumlah kasus pada musim dingin lalu.

Pun, menorehkan jumlah kematian harian tertinggi sepanjang masa akibat Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x