Kompas TV internasional kompas dunia

Menjadi yang Pertama, Australia Bakal Uji Coba Vaksinasi Covid-19 Tanpa Jarum

Selasa, 29 Juni 2021 | 21:30 WIB
menjadi-yang-pertama-australia-bakal-uji-coba-vaksinasi-covid-19-tanpa-jarum
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Sumber: Shutterstock.com)

SYDNEY, KOMPAS.TV - Pemerintah Australia baru saja mengeluarkan izin uji coba vaksinasi Covid-19 tanpa menggunakan jarum suntik.

Peneliti dari Universitas Sydney, dr. Nick Wood menerangkan bahwa dalam uji coba ini, vaksin Covigen akan diinjeksikan ke dalam tubuh sukarelawan yang sehat melalui injector jet.

"Apa yang kami lakukan dalam uji coba khusus ini hanya mengambil kode DNA (virus) dan kemudian menggunakan perangkat bebas jarum khusus, di bawah kekuatan mekanis, untuk memasukan kode genetik DNA itu ke dalam sel," ungkapnya, sebagaimana dikutip dari 9News.

Baca Juga: Wakil Perdana Menteri Australia Didenda karena Tak Pakai Masker

Vaksin Covigen sendiri dirancang sebagai instruksi DNA yang akan mengajari sel-sel tubuh untuk membuat protein lonjakan Covid-19, sehingga sistem daya tahan bisa membangun pertahanannya.

"Secara keseluruhan, kami berharap mendapatkan 150 orang dalam uji coba fase pertama ini untuk melihat respons keamanan dan kekebalan," kata dr. Wood.

Peneliti lainnya, Profesor Peter Richmond pun menilai pendekatan vaksinisasi tanpa jarum ini bisa menjadi solusi untuk masa depan.

"Sangat mudah untuk memberi (vaksin tanpa jarum), dan saya tidak terlalu merasakannya (penyuntikan) sama sekali," tuturnya.

Lebih lanjut, melansir News.com, penelitian ini telah dimulai pada pekan ini untuk fase pertamanya dan sudah ada beberapa relawan di sejumlah lokasi uji coba seperti Scientia Sydney, Institut AnakTelethon di Perth, serta Rumah Sakit Wanita dan Anak di Adelaide.

Baca Juga: Hadang Covid-19 Varian Delta, Sydney Australia Mulai Lockdown Dua Minggu

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:31
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19