Kompas TV nasional berita utama

WHO Tekankan Perlunya Sikap Konsisten untuk Pakai Masker Guna Hindari Amukan Varian Delta

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 18:14 WIB
who-tekankan-perlunya-sikap-konsisten-untuk-pakai-masker-guna-hindari-amukan-varian-delta
Ilustrasi memakai masker. (Sumber: alodokter)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan masyarakat, termasuk orang  yang telah menerima vaksin Covid-19, untuk tetap menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan demi menghindari penularan varian Delta.

Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut, varian Delta menjadi salah satu pusat perhatian karena mutasi Covid-19 ini mudah menular.

“Secara umum di seluruh dunia saat ini ada banyak kekhawatiran mengenai varian Delta dan WHO juga cemas soal varian itu. Delta adalah varian teridentifikasi yang paling mudah menular sejauh ini,” beber Tedros, melansir WHO.int.

Baca Juga: Waspada! Varian Lambda Sudah Menyebar ke 29 Negara, WHO Masih Memantau Perkembangannya

Tedros mengatakan, varian Delta telah menyebar di 85 negara dan menular cepat di tengah penduduk yang belum menerima vaksin Covid-19.

Ia pun menyarankan untuk konsisten mematuhi pembatasan sosial dan protokol kesehatan sambil melakukan vaksinasi secara merata.

Senada dengan itu, Asisten Direktur Jenderal WHO Dr. Mariangela Simao merekomendasikan masyarakat untuk tetap mengenakan masker.

“Vaksin saja tidak akan menghentikan penularan Covid-19 di masyarakat dan kita perlu memastikan orang-orang mengikuti pembatasan kesehatan publik. Orang-orang perlu tetap menggunakan masker secara konsisten,” ujar Asisten Direktur Jenderal WHO Dr. Mariangela Simao.

Simao menambahkan, masyarakat sebaiknya tinggal di ruangan dengan ventilasi, rajin mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Direktur Eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO Dr Maria Van Kerkhove membeberkan, berbahayanya varian Delta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x