Kompas TV regional update corona

Berikan Dukungan Kepada Tenaga Medis, Anies Berpesan agar Pasien Diperlakukan Seperti Saudara

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 16:06 WIB
berikan-dukungan-kepada-tenaga-medis-anies-berpesan-agar-pasien-diperlakukan-seperti-saudara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Posko PPKM di Kelurahan Jati Pulo, Jakarta Barat, Kamis (24/6/2021). (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara, Selasa (29/6/2021), dalam rangka peninjauan layanan kesehatan mengingat kasus Covid-19 di wilayah DKI Jakarta terus melonjak selama dua pekan terakhir. 

Dalam kunjungannya, Anies mengungkapkan apresiasinya dan rasa terima kasihnya kepada para tenaga medis. 

“Jadi, kami menemui rekan-rekan tenaga medis yang bekerja 24 jam di rumah sakit di Jakarta. Saya menyapa semua, menyampaikan terima kasih dan apresiasi, sekaligus mengirimkan pesan bahwa jaga stamina, soliditas, saling support, dan kami di seluruh jajaran lintas bidang akan mem-back up sepenuhnya apa saja kegiatan di rumah sakit,” kata Anies, Selasa. 

Selain tetap menjaga stamina, Anies juga meminta kepada tenaga kesehatan untuk memperlakukan seluruh pasien sebagai saudara sendiri. 

“Saya juga berpesan, siapapun yang datang, perlakukan seperti saudara kita sendiri. Berikan yang terbaik, sehingga semua bisa kembali ke rumah, kumpul lagi dengan keluarganya,” tambahnya.

Baca Juga: Anies Sebut Kendala Pasokan Tabung Oksigen Karena Alasan Transportasi

Anies mengatakan, saat ini kita tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19 dengan volume pasien yang sangat banyak. Karena itulah, dibutuhkan optimalisasi dan juga dukungan tambahan dari berbagai pihak.

Bantuan tersebut seperti tenaga untuk memfasilitasi pemindahan alat, tabung oksigen, dan lain sebagainya.

“Jadi, kita akan berikan dukungan dari dinas-dinas lain untuk ditempatkan di rumah sakit, sehingga kebutuhan tenaga pendukung untuk aktivitas non-medis bisa kita siapkan. Sebagai gambaran, menyiapkan makanan, membungkus obat, memindahkan tabung oksigen dalam waktu yang amat cepat dan volumenya jauh lebih banyak daripada biasanya yang tak pernah terjadi sebelumnya,” paparnya.

Anies berharap tenaga medis dapat fokus pada penanganan dan perawatan pasien sementara kebutuhan mendesak lainnya ditangani oleh pihak non-medis. 

“Jadi, kita akan mobilisasi tenaga kerja untuk bisa bantu mereka yang saat ini bekerja di rumah sakit, agar tim medis bisa fokus pada penanganan pasien dan aktivitas pendukung bisa dibantu yang lain,” kata Anies. 

Baca Juga: Cerita Anies Usai Divaksin AstraZeneca: Pegal di Lengan, Mirip Flu..

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x