Kompas TV regional kesehatan

BOR RS di Atas 80 Persen, Gubernur Jateng Minta Pemkab Batang Siapkan Skenario RS Darurat atau Tenda

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 15:17 WIB
bor-rs-di-atas-80-persen-gubernur-jateng-minta-pemkab-batang-siapkan-skenario-rs-darurat-atau-tenda
Gubenrur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat saat meninjau penanganan Covid-19 di Demak, Jumat (18/6/2021) (Sumber: Laman Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

BATANG, JAWA TENGAH - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate ruang isolasi di rumah sakit Kabupaten Batang sudah cukup membahayakan.

"Jadi, saat ini sudah ada di atas 80 persen sehingga (rumah sakit) perlu cepat menambah tempat tidur," kata Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalisari, Kabupaten Batang, Selasa (29/6/2021).

Menurut Ganjar, kondisi tersebut cukup membahayakan, terlebih kasus Covid-19 masih terus meningkat. Oleh karenanya, Ganjar meminta kepada Pemerintah Kabupaten Batang untuk menyiapkan skenario rumah sakit darurat atau tenda untuk membantu merawat pasien Covid-19.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Instruksikan Lockdown 7000 RT yang Berstatus Zona Merah di Jawa Tengah

"Seperti yang disampaikan Bupati Batang (saat ini) sudah ada 24 pasien, sehingga perlu disiapkan skenario rumah sakit darurat atau pemasangan tenda," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Perawatan RSUD Kalisari Kabupaten Batang Samuri mengatakan saat ini pihaknya sudah menyediakan 93 tempat tidur dan masih akan ditambah sebanyak 24 tempat tidur.

Menurut Samuri, tempat tidur yang sudah terisi pasien mencapai 70 orang. Sementara, pasien yang akan mengisi tempat tidur tersebut harus lebih dulu melewati tes skrining yang berlaku.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Buka Call Center Covid-19, Masyarakat Jateng Bebas Konsultasi 24 Jam

"Adapun pasien yang 'entry' (tetapi belum mendapat ruang tidur) memang masih menunggu proses tes skrining karena mereka (pasien) datangnya dalam waktu yang hampir bersamaan. Satu pasien belum diskrening sudah datang lagi padahal kami butuh waktu juga untuk memprosesnya," jelasnya.

Meski begitu, pihaknya akan selalu siaga 24 jam untuk melayani pasien yang datang di RSUD Kalisari Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Perlu diketahui, kasus Covid-19 di Jawa Tengah terus alami lonjakan. Dilansir dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah, per Senin (28/6/2021) tercatat kasus aktif harian naik sebanyak 2.143 kasus. Artinya, total kasus aktif di Jawa Tengah secara keseluruhan sebesar 22.311 kasus.

Sementara di Kabupaten Batang dilansir dari corona.batangkab.go.id, per Senin (29/6/2021) terdapat 77 kasus aktif yang dirawat di rumah sakit, 215 kasus isolasi mandiri, dan 2 kasus dirujuk ke RS di luar Jawa Tengah.

Baca Juga: Soal Varian Delta di Jateng, Ganjar Pranowo Sebut Baru Terdeteksi di Kudus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x