Kompas TV nasional kesehatan

Sambut Baik Vaksinasi Covid-19 untuk Anak, Wapres: Keputusan Tepat karena Mortalitas Tinggi

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 13:17 WIB
sambut-baik-vaksinasi-covid-19-untuk-anak-wapres-keputusan-tepat-karena-mortalitas-tinggi
Wakil Presiden KH Maruf Amin. (Sumber: Dok. Setwapres)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyambut baik keputusan pemerintah memberikan vaksinasi Covid-19 untuk anak.

Pernyataan ini disampaikan Ma'ruf Amin dalam acara Puncak Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021 dan Launching Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak secara virtual, Selasa (29/6/2021). 

"Saya menyambut baik dimulainya program vaksinasi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak suia 12 -17 tahun," kata Ma'ruf Amin. 

Mengingat, lanjut dia, mereka dikategorikan sebagai kelompok sasaran yang lebih rentan terhadap pandemi Covid-19. 

Wapres  juga mengungkapkan dizinkannya pemakaian vaksin Covid-19 kepada anak usia 12-17 tahun merupakan keputusan yang tepat.

Baca Juga: Wapres Minta Mathla’ul Anwar Siapkan SDM Berkualitas dan Berintegritas

Hal ini dikarenakan mortalitas penderita Covid-19 pada masyarakat usia 10-18 tahun cukup tinggi.

"Keputusan ini sangat tepat mengingat mortalitas penderita Covid-19 usia 10-18 cukup tinggi yaitu 30 persen," jelas dia. 

Ma'ruf Amin kemudian meminta BKKBN  (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) sebagai lembaga yang sangat dekat dengan pembinaan keluarga dapat menyosialisasikan kepada masyarakat terkait vaksinasi Covid untuk anak.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengapresiasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)  yang dalam waktu singkat telah mengeluarkan rekomendasi pemakaian vaksin produksi Bio Farma untuk digunakan pada anak usia 12-17 tahun.

Baca Juga: Vaksinasi Corona untuk Anak Segera Dimulai

Dikabarkan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac bagi anak usia 12-17 tahun.

 

“Kita bersyukur BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman digunakan anak usia 12 sampai 17 tahun,” kata Jokowi, Senin (28/6/2021).

Jokowi berharap adanya vaksin Sinovac bagi anak usia 12-17 tahun bisa menekan penularan Covid-19 terhadap anak-anak di tanah air.

“Untuk itu saya mohon pada bapak-ibu dan saudara-saudara kita semua untuk tidak ragu divaksinasi,” tegasnya.

Baca Juga: BPOM Resmi Keluarkan Izin Vaksin untuk Anak Usia 12-17 Tahun, Jokowi: Vaksinasi Bisa Segera Dimulai

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.