Kompas TV nasional politik

Wakil Ketua DPR: Penanganan Covid-19 Harus Jadi Prioritas Seluruh Kepala Daerah

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 13:29 WIB
wakil-ketua-dpr-penanganan-covid-19-harus-jadi-prioritas-seluruh-kepala-daerah
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Sumber: dpr.or.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV – Angka lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa hari belakangan tidak terbendung. Dalam 24 jam terakhir, tambahan kasus baru mencapai 20.694 kasus. Saat ini, kasus aktif Covid-19 di Indonesia per Senin (28/6/2021), mencapai 218.576 kasus. 

Jumlah ini merupakan yang tertinggi selama pandemi Covid-19 di Tanah Air. Hingga hari ini, kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 2.135.998 orang. 

Sementara itu, jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah 9.480 orang. Hingga kini, total pasien sembuh menjadi 1.859.961 orang. Di sisi lain ada penambahan 423 kasus kematian, sehingga total pasien meninggal dunia jadi 57.561 orang.

Baca Juga: Sukarelawan Kewalahan Memakamkan Jenazah Covid-19

Menanggapi fenomena itu, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar meminta agar seluruh pihak bahu membahu menangani pandemi ini. Pihaknya mengajak seluruh pengurus dan kader PKB dimanapun berada agar bisa menjadi teladan dalam penerapan protokol kesehatan (prokes). 

Selain itu, ia minta kepada seluruh pengurus dan kader PKB dimanapun berada agar memperhatikan warga di sekitar masing-masing, memastikan warga bisa memperoleh dukungan yang memadai, baik support atas kebutuhan-kebutuhan dasar. 

”Seluruh kepala daerah dari harus meletakkan penanganan dampak pandemi Covid-19 sebagai prioritas kerja. Pastikan sistem layanan kesehatan di daerah masing-masing tetap berjalan seraya terus melakukan pembatasan mobilitas sampai Covid-19 di daerah masing-masing terkendali,” kata Muhaimin di Jakarta, Selasa (29/6/2021).

Ia menjelaskan, saat ini tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 juga lebih dari 85 persen. 

”Situasi ini tentu mengkhawatirkan sehingga harus ditangani secara serius oleh setiap pemangku kepentingan,” ujarnya.

Ketua Umum PKB ini menginstruksikan kepada seluruh kader yang menduduki jabatan strategis di eksekutif maupun legislatif untuk fokus 100 persen meminimalkan dampak pandemi. Menurutnya, para kepala daerah maupun anggota dewan harus bahu-membahu menangani dampak pandemi baik di sektor kesehatan, sosial, maupun ekonomi. 

Baca Juga: Daftar Kumpulan Obat untuk Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri Beredar, Ini Penjelasan IDI

“Kepada kader PKB yang menduduki jabatan strategis baik di tingkat pusat dan daerah segera fokus 100 persen dan siaga penuh menangani kondisi pandemi, optimalkan fasilitas kesehatan di daerahnya. Dan agar menggunakan kekuasaan dan jabatannya untuk membantu warga,” kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.