Kompas TV entertainment selebriti

Ibu Menyusui Boleh Divaksin Covid-19, Zaskia Sungkar: Seenggaknya Berikhtiar

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 13:04 WIB
ibu-menyusui-boleh-divaksin-covid-19-zaskia-sungkar-seenggaknya-berikhtiar
Zaskia Sungkar akan melakukan vaksinasi Covid-19 meski tengah menyusui. (Sumber: Instagram/Irwansyah)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Aktris Zaskia Sungkar berencana menjalani vaksinasi Covid-19 meski kini tengah menyusui anak pertamanya, Ukkasya, yang baru berusia 3 bulan.

Melalui kanal YouTube The Sungkars Family, istri Irwansyah ini mengungkapkan bahwa ia ingin melakukan vaksin sejak masih hamil.

“Hari ini aku pengin vaksin guys. Pas udah boleh kan. Sebenernya waktu hamil sempat nanya-nanya (vaksin untuk ibu hamil),” kata Zaskia Sungkar, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Cerita Chelsea Olivia Vaksinasi Covid-19 Pertama, Ibu Menyusui Boleh Divaksin

Mulanya, keinginan Zaskia Sungkar untuk menjalani vaksinasi Covid-19 muncul setelah melihat adiknya, Shireen Sungkar divaksin.

Menurutnya, vaksin biasa membuat daya tahan tubuhnya lebih kuat sehingga tidak mengalami gejala yang berat jika terinfeksi Covid-19.

“Sebenernya gue ikut-ikutan aja karena Shireen udah vaksin,” katanya.

“Tapi sebenernya lebih amanlah Insya Allah, seenggaknya berikhtiar, selebihnya kita serahkan kepada Allah, yang penting kita udah usaha dulu,” sambungnya.

Baca Juga: Update Vaksinasi Covid-19 28 Juni 2021: Sebanyak 13 Juta Lebih Telah Mendapat Vaksin Dosis Lengkap

Untuk diketahui, vaksinasi Covid-19 kini sudah diizinkan untuk diberikan kepada ibu menyusui.

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Nia Umar, mengatakan bahwa antibody yang terbentuk dari vaksin juga dapat melindungi bayi.

“Manfaan vaksin akan didapatkan di dalam ASI dan itu penting sekali. Ketika ibu menyusui divaksin misalkan terpapar Covid-19 gejala ringan, antibody yang baik akan muncul di ASI dan baik untuk anaknya,” kata Nia, melansir dari Antara, Selasa (29/6/2021).

Senada dengan Nia, ahli gizi Tan Shot Yen mengimbau kepada ibu menyusui yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan memahami kondisi kesehatan tubuhnya.

Baca Juga: Mark Sungkar Terharu Perdana Cium Ukkasya, Cucunya dari Zaskia Sungkar dan Irwansyah

“Ingat, tes dulu tensinya, makan benar dulu, olahraga dulu. Jadi pas vaksin tensinya bagus. Ada ibu menyusui yang punya riwayat preklamsia harus bilang sama dokternya saat screening atau pernah minum obat pengencer darah saat hami harus dilaporkan,” imbaunya.

Tan menegaskan, ibu menyusui untuk jujur saat screening sebelum melakukan vaksinasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x