Kompas TV feature discography

5 Peristiwa Penting pada 29 Juni: Lahirnya Ahok hingga Deklarasi ISIS

Kompas.tv - 29 Juni 2021, 05:30 WIB
5-peristiwa-penting-pada-29-juni-lahirnya-ahok-hingga-deklarasi-isis
Salah satu pembeli pertama iPhone 12 di Apple Store Singapura. (Sumber: Apple Newsroom)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Pada tanggal 29 Juni, sejumlah peristiwa penting terjadi dari tahun ke tahunnya. Sebut saja dari tanggal kelahiran Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahja Purnama atau Ahok hingga lahirnya Islamic State Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah terjadi pada tanggal 29 Juni.

Berikut ini 5 peristiwa penting di sejumlah tempat pada 29 Juni yang dirangkum Kompas TV:

1. Bendara Pangeran Harya Natakusuma Diangkat Sebagai Paku Alam I

Pura Pakualaman Yogyakarta (Sumber: jogjaprov.go.id)

Bendara Pangeran Harya Natakusuma merupakan putera ketiga dari pasangan Hamengkubuwono I dan Raden Ayu Srenggara, seorang selir yang berasal dari desa Karangnangka.

Di dalam urutan seluruh putra-putri Hamengkubuwono I Notokusumo adalah urutan ke 11. Ia merupakan salah satu putra terkasih Sultan HB I.

Pada 29 Juni 1812, Natakusuma diangkat oleh Pemerintah Kerajaan Inggris menjadi Gusti Pangeran Adipati Paku Alam. Pengangkatan ini berdasarkan jasa-jasanya terhadap Pemerintah Inggris.

Melalui Perjanjian Politik 17 Maret 1813 atau yang sering disebut dengan Politiek Contract, Natakusuma secara resmi diangkat sebagai Pangeran Merdika dibawah Pemerintah Inggris dengan gelar Pangeran Adipati Paku Alam.

Kepadanya diberikan tanah dan tunjangan, tentara kavaleri, hak memungut pajak, dan hak tahta yang turun temurun. Semua ini diperoleh dengan imbalan kesetiaan kepada Pemerintah Inggris.

Daerah kekuasaan Paku Alam meliputi sebuah kemantren di kota Yogyakarta (sekarang menjadi wilayah kecamatan Pakualaman) dan Daerah Karang Kemuning (Adikarto) di bagian selatan Kabupaten Kulon Progo sekarang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Sultan HB X dan Paku Alam X

2. Menara Tokyo Dibangun

Setiap musim dingin Menara Tokyo ini selalu dipenuhi pengunjung karena diadakan berbagai event dan ilumimasi cahaya. Festival diselenggarakan hingga 28 Februari 2018. (Sumber: KARAKSA MEDIA)

Menara Tokyo adalah sebuah menara di Taman Shiba, Tokyo, Jepang. Tinggi keseluruhan 332,6 m dan merupakan bangunan menara baja tertinggi di dunia yang tegak sendiri di permukaan tanah. Pembangunan fisik menara Tokyo dimulai pada 29 Juni 1957.

Menara ini rampung dibangun dan dibuka untuk masa percobaan pada 7 Desember 1958. Hingga saat ini, Menara Tokyo terkenal sebagai simbol kota Tokyo dan objek wisata daripada fungsinya sebagai menara antena pemancar TV analog (UHF/VHF), TV lokal digital, dan radio FM.

Selain itu, perusahaan KA East Japan Railway menggunakan menara ini untuk meletakkan antena radio sistem darurat kereta api, dan sejumlah instrumen pengukuran dipasang oleh Kantor Lingkungan Hidup Metropolitan Tokyo.

Baca Juga: Kaisar Jepang Khawatir Penyebaran Covid-19 Selama Olimpiade 2020 Tokyo Digelar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x