Kompas TV nasional politik

Akun Medsos Pengurus BEM UI Diretas, Fadli Zon: Modus Lama

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 18:01 WIB
akun-medsos-pengurus-bem-ui-diretas-fadli-zon-modus-lama
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dan Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/11/2016). (Sumber: KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon mengaku geram ketika mengetahui adanya peretasan akun media sosial pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). 

Menurut dia, cara seperti itu merupakan modus lama demi mematikan kritik dari seseorang atau kelompok yang berseberangan dengan pemerintah.

"Modus dan metode peretasan ini bukan hal baru. Siapa yang punya akses data dan instrumen intervensi ke media sosial dan ranah privat? Tindakan Pancasilais?" tulis Fadli dalam akun Twitter @fadlizon, Senin (28/6/2021). 

Baca Juga: Usai Unggahannya Viral, Akun Media Sosial Pengurus BEM UI Kena Retas

Ia meminta cara-cara lancung seperti itu segera dihentikan, karena mengancam pecah belah di kehidupan masyarakat Indonesia.  

"Cara-cara seperti ini harusnya dihentikan agar Pancasila hidup di tengah-tengah kita, bukan sekadar jadi jargon atau jadi alat memecah belah," ujarnya. 

Sebelumnya, aksi peretasan tersebut terjadi usai unggahan akun Instagram BEM UI, yang menyebut Jokowi sebagai The King of Lip Service, ramai diperbincangkan.

“Telah terjadi peretasan akun media sosial kepada beberapa pengurus BEM UI 2021,” ungkap Ketua BEM UI, Leon Alvinda Putra dalam keterangan tertulis, Senin (28/6/2021).

Disebutkan oleh Leon, salah satu korban peretasan adalah Kepala Biro Hubungan Masyarakat BEM UI 2021, Tiara yang tidak dapat masuk ke dalam akunnya di aplikasi perpesanan WhatsApp.

Baca Juga: Hidayat Nur Wahid ke Rektorat UI: Jangan Anti Kritik dan Terkesan Membela Penguasa

Hingga saat ini akun tersebut pun belum bisa diakses kembali, sejak sang pemilik menerima notifikasi yang menyebutkan bahwa akunnya telah keluar dari ponselnya.

Wakil Ketua BEM UI, Yogie, diketahui juga mengalami hal serupa, yakni peretasan terhadap akun pribadinya di aplikasi WhatsApp.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.