Kompas TV nasional kesehatan

BPOM Resmi Keluarkan Izin Vaksin untuk Anak Usia 12-17 Tahun, Jokowi: Vaksinasi Bisa Segera Dimulai

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 17:53 WIB
bpom-resmi-keluarkan-izin-vaksin-untuk-anak-usia-12-17-tahun-jokowi-vaksinasi-bisa-segera-dimulai
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau pelaksanaan PPKM mikro di Kelurahan Rawasari, RW 01, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (25/6/2021) siang. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac bagi anak usia 12-17 tahun.

Presiden Jokowi berharap bisa digunakannya vaksin Sinovac bagi anak usia 12-17 tahun bisa menekan penularan Covid-19 terhadap anak-anak Indonesia.

“Bapak Ibu dan saudara-saudara yang saya hormati kita juga bersyukur BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization untuk vaksin Sinovac yang dinyatakan aman digunakan anak usia 12 sampai 17 tahun,” kata Presiden Jokowi, Senin (28/6/2021).

“Sehingga vaksinasi untuk anak-anak usia tersebut bisa segera dimulai dan dalam menekan penyebaran Covid-19 ini hanya dapat dilakukan dengan upaya bersama,” tambahnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi berpesan agar masyarakat Indonesia tidak ragu untuk melakukan vaksinasi Covid-19. Termasuk, untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin.

Baca Juga: Serbuan Vaksinasi Nasional di Sumatera Utara, Polda Berhasil Suntik 71.428 Orang

“Untuk itu saya mohon pada bapak-ibu dan saudara-saudara kita semua untuk tidak ragu divaksinasi,” ujarnya.

“Dan tetap berdisiplin menjalankan protokol kesehatan memakai masker jaga jarak mencuci tangan, dan sekali lagi saya ingatkan tinggallah di rumah selama tidak ada kebutuhan yang mendesak,” lanjut Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas percepatan vaksinasi pada Sabtu (26/6/2021).

“Saya ingin menyampaikan apresiasi menyampaikan penghargaan yang tinggi atas capaian 1,3 juta vaksinasi pada hari Sabtu 26 Juni 2021 yang lalu sehingga lebih cepat dari target 1 juta per hari yang ditetapkan mulai Juli 2021,” katanya.

Baca Juga: Update Vaksinasi Covid-19 Per 27 Juni 2021: Penerima Tahap Pertama Naik Satu Juta Lebih dalam Sehari

“Hal ini tercapai berkat kerja keras berkat gotong royong semua pihak terutama Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, BUMN, dan pihak swasta yang turut membantu serta masyarakat yang bersedia divaksin,” tambahnya.

Ke depan, Presiden Jokowi berharap vaksinasi Covid-19 dapat menjangkau lebih banyak lagi masyarakat setiap harinya. Jika Juli 2021 ditargetkan 1 juta vaksin per hari, Presiden Jokowi targetkan vaksinasi di bulan Agustus mencapai 2 juta per hari.

“Saya mengingatkan bahwa seluruh pihak tetap harus bekerja keras agar target satu juta per hari vaksinasi terjaga sampai akhir Juli,” katanya.

“Dan dapat kita tingkatkan dua kali lipat pada Agustus 2021 yaitu mencapai 2 juta dosis per hari,” tutup Jokowi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.