Kompas TV video sinau

Gerakan 6 M, Senjata Ampuh Lawan Penyebaran Covid-19

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 16:01 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pandemi belum berakhir. Kesehatan merupakan hal yang paling penting untuk dijaga apalagi di situasi seperti pandemi. Memiliki pola hidup yang sehat dan teratur, harus dibarengi dengan ketertiban dan kedisiplinan diri. 

Disiplin penting saat menerapkan peraturan 6M. Apa saja itu 6 M?

1. Mencuci Tangan Dengan Sabun
Rajin mencuci tangan mengurangi potensi terjadinya penularan virus covid-19. Penggunaan hand sanitizer berbahan dasar alkohol juga diperbolehkan. Namun, apabila ada akses untuk mencuci tangan, lebih baik mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

2. Menggunakan Masker Bengan Benar
Masker berperan besar dalam menangkap droplet yang keluar dari mulut seseorang. Saat ini pemerintah menyarankan untuk menggunakan 2 masker agar potensi penularan berkurang. 

3. Menjaga Jarak
Berikanlah jarak aman setidaknya 2 meter dengan orang lain untuk mencegah adanya perpindahan droplet dalam jarak dekat. 

4. Menghindari Keramaian
Virus bisa saja hadir didalam tubuh seseorang tanpa pemberitahuan melalui gejala apapun sebelumnya. Jadi waspada dengan sekitar. 

5. Menghindari Makan Bersama
Makan bersama apalagi dibarengi dengan berbicara sangat rawan terjadinya perpindahan droplet. Jadi, makan sendiri saja. Demi kesehatan diri sendiri dan orang lain. 

6. Mengurangi Mobilitas
Apabila pekerjaan dapat dilakukan dari rumah, lebih baik dilakukan dari rumah. Keluar rumah hanya untuk kepentingan darurat. 

Tetap sehat, kita bisa lalui pandemi ini bersama!

Video Editor: Rengga Rinasti
Video Grafis: Achmad Ilyas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x