Kompas TV nasional update

Gempa 5,1 M Guncang Gunungkidul DIY, Sebabkan 16 Rumah di Desa Purwosari Rusak

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 10:45 WIB
gempa-5-1-m-guncang-gunungkidul-diy-sebabkan-16-rumah-di-desa-purwosari-rusak
Salah satu kerusakan dari gempa Gunungkidul, plafon rumah jatuh di Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Senin (28/6/2021) (Sumber: Twitter/@DaryonoBMKG)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.TV - Gempa yang bersumber dari lempeng Indo-Australia di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebabkan 16 rumah rusak.

"Kerusakan akibat gempa selatan Yogyakarta Mag 5,1 tadi pagi. Lokasi Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul, DIY," cuit Kabid Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, Senin (28/6/2021).

Diketahui, gempa bermagnitudo 5,1 telah mengguncang wilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (28/06/2021) pagi. Terjadi pukul 05.15 WIB, pusat gempa yang berada di 55 km barat daya Gunungkidul tersebut tak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gunungkidul DIY Tak Berpotensi Tsunami, BMKG Beri Imbauan

Dilaporkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di koordinat 8.49 LS 110.59 BT dengan kedalaman 48 km.

Akibat dari guncangan itu, sejumlah rumah di Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul mengalami kerusakan.

Baca Juga: Gempa 5,3 M Guncang Gunungkidul DIY, Aktivitas Gunung Merapi Aman

Dilansir dari Twitter milik @tjahlemoe, ada 16 rumah yang mengalami kerusakan mulai dari genting dan plafon rontok, hingga atap rumah yang rusak. Rumah tersebut rata-rata berada di pedukuhan Widoro, Klampok, Gumbeng, Sumur, dan Karangnongko.

Hingga kini Daryono masih menghimpun laporan kerusakan akibat guncangan yang mirip dengan gempa Malang pada 10 April dan 21 Mei 2021.

"Mohon bantuan teman-teman jika ada laporan kerusakan dari gempa selatan Yogyakarta mag. 5,1 tadi pagi dalam foto dan nama lokasinya," pungkasnya.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Tim Relawan Gunungkidul Memakamkan Jenazah Pasien Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.