Kompas TV entertainment lifestyle

Sudah Minum Kopi tapi Tetap Mengantuk? Ini Alasannya

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 03:45 WIB
sudah-minum-kopi-tapi-tetap-mengantuk-ini-alasannya
Ilustrasi mengantuk atau kurang tidur (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian dari kita mungkin meminum kopi untuk membantu tubuh agar tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Seperti diketahui, kopi mengandung kafein yang membantu meningkatkan kinerja tubuh, seperti detak jantung, tekanan darah, dan metabolism sehingga tubuh tetap terjaga.

Namun, bagaimana jika tetap mengantuk meski sudah minum kopi?

Melansir Kompas.com, Senin (28/6/2021), terdapat setidaknya tiga alasan mengapa seseorang tetap mengantuk meski sudah minum kopi.

Baca Juga: Menteri Koperasi dan UKM Lepas Ekspor Kopi

1. Faktor genetika

Menurut pendidik perawat di Nurse Together, Jenna Liphart Rhoads, genetika memainkan peran penting dalam sensitivitas kafein. Genetika menentukan seberapa efektif reseptor adenosine (neurotransmitter yang mendorong tubuh untuk tidur) mengikat kafein.

Genetika juga menentukan seberapa cepat seseorang mampu merasakan efek kafein dan belama lama efek tersebut bertahan di tubuh.

Studi pada 2011 lalu menemukan bahwa ada 10 persen orang memiliki gen yang membuat mereka kurang sensitif terhadap kafein.

Hal ini mungkin membuat kelompok tersebut tidak bisa merasakan efek kafein meski telah meminum kopi atau makanan yang mengandung kafein dalam porsi besar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.