Kompas TV nasional update corona

Kemenkes Jawab Isu WHO Sebut Indonesia Negara A1 High Risk Covid-19

Kompas.tv - 27 Juni 2021, 13:34 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Beredar informasi mengenai WHO yang menyebut Indonesia sebagai negara A1 High Risk Covid-19 di media sosial dan aplikasi pesan Whatsapp.

Dalam pesan itu juga disebutkan Indonesia masuk ke dalam kategori yang sama dengan India, Pakistan, Brasil, Filipina dan sejumlah negara Afrika.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa WHO tak pernah membuat klasifikasi untuk suatu negara terkait pandemi Covid-19.

"Kami sudah memverifikasi informasi tersebut kepada WHO dan mendapatkan keterangan bahwa WHO tidak pernah membuat klasifikasi negara dengan predikat A1 dan kode lainnya," tegas Nadia dilansir dari Kompas.com, Minggu (27/6/2021) pagi.

"Situasi masing-masing negara dilaporkan dalam laporan situasional yang diterbitkan WHO setiap minggu dan dapat diakses publik," lanjut dia.

Lebih lanjut, terkait aturan tentang travel band penumpang asal negara tertentu, biasanya dipraktikkan Health Quarantine atau Kantor Kesehatan Pelabuhan atau pemerintah negara tujuan.

"Dan ini sudah merupakan praktik umum dalam International Health Regulations sejak 2005," papar Siti Nadia.

"Jadi, keputusan itu adalah hak masing-masing negara sama seperti saat ini tidak menerima WNA dari India, Pakistan, bahkan kemarin sempat juga dari Inggris," pungkas Nadia.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x