Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Gubernur Kaltim Optimistis Bontang Bisa Swasembada Ikan

Kompas.tv - 26 Juni 2021, 22:15 WIB
gubernur-kaltim-optimistis-bontang-bisa-swasembada-ikan
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor meninjau panen lobster di keramba jaring apung (KJA) binaan PT Pupuk Kaltim, Bontang. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Kota Bontang berpotensi mencapai swasembada produksi ikan, sehingga nantinya dapat memenuhi kebutuhan di Provinsi Kaltim dan juga luar daerah. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

"Komoditas perikanan di wilayah Kaltim khususnya di Kota Bontang ini sangat bagus, apalagi ditunjang dengan pembinaan para petani ikannya baik oleh pemerintah maupun swasta melalui sejumlah perusahaan," katanya saat meninjau Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tanjung Limau, Bontang, Kaltim, Sabtu (26/6/2021), dilansir dari Antaranews.com.

Secara nasional, konsumsi ikan per tahun sebanyak 32 kilogram per kapita, sementara konsumsi masyarakat Kaltim per tahun mencapai 58 kilogram per kapita.

Untuk itu, Isran mengharapkan kekayaan alam yang bersumber dari laut dan sungai ini bisa dimaksimalkan untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Upaya Kodim Swasembada Pangan Di Masa Pandemi

Dalam kesempatan itu, Isran juga singgah di keramba jaring apung (KJA) binaan PT Pupuk Kaltim dan rombongan disajikan makanan hasil laut yang dikelola kelompok nelayan Etam Mandiri. Adapun, hasil laut yang dikelola oleh kelompok nelayan Tanjung Limau antara lain ikan kerapu dan udang lobster.

Menurut Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartoni bantuan dana CSR kepada kelompok nelayan KJA yang diberikan sejak 2016 hingga 2020 sebanyak Rp 3 miliar.

"Kami tidak mengambil untung, kami hanya membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir," katanya.

Baca Juga: Kaltim Kembangkan Ternak Sapi Kawasan Reklamasi Tambang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x