Kompas TV video internasional

PM Inggris Angkat Bicara Soal Insiden HMS Defender dengan Militer Rusia

Kompas.tv - 26 Juni 2021, 21:11 WIB
Penulis : Aryo bimo

HAMPSHIRE, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, angkat bicara soal insiden yang melibatkan kapal perusak milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Defender dengan militer Rusia.

Baca Juga: Dianggap Melanggar, Rusia Klaim Berikan Tembakan Peringatan kepada HMS Defender

Menurut Boris, armada AL Kerajaan Inggris beserta 40 negara sekutunya berhak untuk melakukan manuver di mana pun di seluruh dunia.

"Menurut saya penting bagi armada tempur untuk melakukan apa yang diperlukan di seluruh dunia bekerja sama dengan 40 negara lain untuk bermanuver, tetap pada nilai-nilai kami, tetap pada apa yang kami yakini. Itu termasuk demokrasi, hak asasi manusia, persamaan, tapi juga hukum dan kebebasan navigasi," ucap Boris.

Baca Juga: Deputi Menlu Rusia Sarankan Inggris Ganti Nama HMS Defender jadi HMS Aggressor

Boris juga menegaskan bahwa Inggris menentang aneksasi Rusia terhadap Crimea dan menyebut bahwa wilayah tersebut masih merupakan bagian dari Ukraina.

"Kami tidak mengakui aneksasi Rusia terhadap Crimea. Itu illegal. Ini adalah perairan Ukraina dan sudah benar melewatinya untuk pergi dari titkik A ke B," pungkasnya.

Insiden tersebut terjadi di perairan Laut Hitam, pada hari Rabu (23/6/2021). Rusia mengklaim telah melepaskan tembakan peringatan dan menjatuhkan bom, untuk mengusir HMS Defender dari laut Crimea.

Video Editor: Agung Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.