Kompas TV euro 2020 serba serbi

Covid-19 Meningkat, Italia Minta Final Euro 2020 Dipindah dari Wembley

Kompas.tv - 26 Juni 2021, 21:34 WIB
covid-19-meningkat-italia-minta-final-euro-2020-dipindah-dari-wembley
Stadion Wembley, di Kota Wembley London yang telah ditunjuk UEFA sebagai penyelenggara Semifinal dan Final Euro 2020 Pada 11 Juli 2021. (Sumber: wembleystadium.com)
Penulis : Juni Triyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA,KOMPAS.TV – Peningkatan jumlah penderita Covid-19 di Inggris seiring dengan munculnya varian delta, membuat sejumlah negara menyerukan perpindahan venue Semifinal dan Final Euro 2020, dari stadium Wembley, London, ke tempat yang lebih aman. Salah satu permintaan itu datang dari pemerintah Italia.

Italia akan bermain melawan Austria di babak 16 besar pada Minggu (27/6) dini hari nanti di Stadion Wembley London. Penampilan impresif Tim Nasional Italia dikabarkan agak terganggu dengan situasi yang berlangsung saat ini.

Peningkatan jumlah penderita Covid-19 di Inggris, membuat pemerintah kedua negara menyarankan suporter tidak bepergian ke London untuk menyaksikan secara langsung pertandingan tersebut.

Akan ada 1.500 suporter Italia yang hadir di stadion besok, tetapi mereka semua berbasis di Inggris. Sejauh ini dikabarkan tiket pertandingan sudah habis terjual.

Baca Juga: Inggris Kembali Lockdown, UEFA Yakin Semifinal dan Final Euro 2020 Tetap di Wembley

Menteri Kesehatan Italia, Roberto Speranza, menyebut keselamatan pemain dan juga suporter menjadi yang utama. Itu sebabnya, pemerintah Italia akan mendesak UEFA untuk memindahkan tempat berlangsungnya semifinal dan final Euro 2020. Karena, dikhawatirkan suporter akan memadati venue.

Pernyataan tersebut juga diamini oleh Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, yang tidak ingin final berlangsung di tempat dimana virus bisa menginfeksi. “Ya, saya akan berusaha menghentikan final berada di negara di mana virus menyebar dengan cepat,” ujarnya kepada Guardian beberapa hari lalu.

Selain Italia, Jerman juga menjadi negara yang menentang perhelatan Final Euro di Kota London. Dengan waktu yang masih menyisakan dua minggu ke depan menuju final, Draghi mengatakan, waktu untuk melakukan evaluasi masih memungkinkan.

Baca Juga: Prediksi Italia Vs Austria: Gli Azzurri Diunggulkan ke Perempat Final Euro 2020

Sehingga nantinya, wabah tidak menyebar ke negara negara yang berpartisipasi di putaran Semifinal dan Final Euro 2020. "11 Juli masih jauh, jadi masih ada waktu bagi otoritas yang kompeten untuk memverifikasi dan mengevaluasi situasi ini," katanya.

UEFA sudah mengkonfirmasi dengan pernyataan resmi bahwa saat ini belum rencana untuk mengubah tempat untuk semifinal dan Final, yaitu di Stadion Wembley.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.