Kompas TV euro 2020 jadwal pertandingan

Euro 2020: Bek Belgia Sebut Media Terlalu Fokus pada Cristiano Ronaldo, Bukan Portugal

Kompas.tv - 26 Juni 2021, 17:39 WIB
euro-2020-bek-belgia-sebut-media-terlalu-fokus-pada-cristiano-ronaldo-bukan-portugal
Penyerang Portugal Diego Jota merayakan gol dalam laga Grup 3 Kategori Liga A UEFA Nations League yang berlangsung di Stadion Jose Alverde, Kamis (15/10/2020) dini hari WIB. (Sumber: AFP via Kompas.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Fadhilah

SEVILLA, KOMPAS.TV - Bek timnas Belgia, Toby Alderweireld menyebut media terlalu berfokus kepada kehebatan Cristiano Ronaldo di Euro 2020, bukan Portugal secara keseluruhan. 

Belgia sendiri akan menghadapi sang juara bertahan di babak 16 besar yang digelar di Stadion de la Cartuja pada Senin (28/6/2021) dini hari waktu Indonesia.

Dalam laga seperti ini, para bintang kedua kesebelasan bakal menjadi sorotan.

Belgia dengan Romelu Lukaku, Eden Hazard, hingga Kevin De Bruyne. Sementara Portugal dengan mega bintangnya, Cristiano Ronaldo. 

Baca Juga: Jelang Hadapi Belanda di 16 Besar Euro 2020, Pelatih Ceko: Kami Punya Peluang Bagus

Pada usianya yang sudah menginjak 36 tahun, Ronaldo seakan masih belum menunjukkan penurunan performa. Dirinya saat ini adalah top skor sementara Euro 2020 dengan koleksi 5 gol dari 3 laga. 

Bomer Juventus itu juga baru saja menyamai rekor gol internasional milik legenda timnas Iran, Ali Daei dan juga menjadi top skor sepanjang masa Piala Eropa. 

Namun, Toby Alderweireld menilai media terlalu menyorot Ronaldo, bukan Portugal sebagai tim. Menurut bek Tottenham, Portugal memiliki talenta-talenta lain yang tidak patut diremehkan. 

"Cara terbaik membendung Ronaldo? Bermain sebagai tim. Itu selalu menjadi kekuatan kami," kata Alderweireld dikutip dari uefa.com. 

"Saya tahu media fokus kepada Ronaldo tetapi Portugal memiliki kualitas yang hebat secara tim. Kami tidak boleh meremehkan Bernardo Sila -dia pemain yang luar biasa- dan juga Diogo Jota." 

"Portugal memiliki banyak pemain yang dapat mencetak gol dari situasi apapun. Kami jelas tidak meremehkan mereka," tandasnya. 

Baca Juga: Klasemen Peringkat Ketiga Seluruh Grup EURO 2020, Portugal atau Spanyol Tak Lolos ke Babak 16 Besar?

Ini merupakan pertemuan perdana antara kedua kesebelasan di turnamen mayor (Piala Dunia, Piala Eropa). 

Melansir data dari soccerway, Belgia dan Portugal telah berjumpa sebanyak 11 kali. Dari total duel tersebut, Portugal menang 4 kali, 5 kali bermain imbang, serta 3 kali kalah dari Belgia. 

Semenjak kalah 0-3 di kualifikasi Piala Dunia 1990 pada September 1989, Portugal tercatat belum menelan kekalahan dari Belgia (3 menang 2 seri). 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x