Kompas TV internasional kompas dunia

Lukisan Kecil David Bowie Terjual 90 Ribu Dolar dalam Pelelangan, Awalnya Dibeli Hanya 4 Dolar

Kompas.tv - 26 Juni 2021, 06:16 WIB
lukisan-kecil-david-bowie-terjual-90-ribu-dolar-dalam-pelelangan-awalnya-dibeli-hanya-4-dolar
Sebuah lukisan karya tokoh dan musisi pop dunia asal Inggris David Bowie terjual di sebuah lelang di Toronto Kanada dengan harga hampir 90.000 dollar Amerika, Jumat (25/6/2021) seperti dilansir France24. (Sumber: France24 via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

MONTREAL, KOMPAS.TV - Sebuah lukisan karya tokoh dan musisi pop dunia asal Inggris David Bowie, terjual dalam sebuah lelang di Toronto Kanada, dengan harga hampir 90.000 dolar Amerika, Jumat (25/6/2021).

Melansir France24, Lukisan yang baru ditemukan itu awalnya dibeli dengan harga sekitar 4 dolar di sebuah toko di Kanada yang menjual kembali barang-barang sumbangan.

Harga jualnya melampaui penilaian rumah lelang Cowley Abbot yang memperkirakan karya itu akan terjual senilai 7.000 hingga 10.000 dolar.

Juru lelang Rob Cowley mengatakan selusin penawar bersaing sengit untuk membeli karya lukis Bowie dari seri potret D Head tentang rocker Ziggy Stardust itu sendiri, teman-temannya, dan orang lain yang dia lukis antara tahun 1995 dan 1997.

Lukisan itu berukuran 24 cm x 20 cm melukiskan sosok pucat mengenakan pakaian hijau, dengan rambut merah dan latar belakang merah tua.

Lukisan itu entah bagaimana ditemukan dua dekade kemudian di sebuah toko sumbangan di South River, Ontario - 300 kilometer sebelah utara Toronto.

Di sana, seorang pembeli anonim membayar 4 dolar untuk karya tersebut.

"Kami sangat senang mengetahui karya seni itu asli dan otentik," kata Cowley kepada AFP pada awal lelang online selama dua minggu.

Baca Juga: Heboh! Seseorang Bayar 28 Juta Dollar Dalam Lelang Amal Ikut Jeff Bezos ke Luar Angkasa Juli Nanti

Bowie bersekolah di sekolah seni dan mengumpulkan ratusan karya seni selama hidupnya yang akhirnya dijual seharga puluhan juta dolar setelah kematiannya. Namun karya-karyanya sendiri jarang dijual. (Sumber: AP Photo)

Inisial Bowie yang ditandatangani di bagian belakang, katanya, disahkan oleh ahli tanda tangan Bowie.

Penjual lukisan itu "senang dan terkejut" lukisan Bowie miliknya mendapatkan harga yang begitu tinggi, kata Cowley pada hari Jumat.

Bowie bersekolah di sekolah seni dan mengumpulkan ratusan karya seni selama hidupnya yang akhirnya dijual seharga puluhan juta dolar setelah kematiannya.

Namun karya-karyanya sendiri, menurut Cowley, jarang dijual.

Sebagaimana diketahui, perjalanan David Bowie sangat panjang. Dimulai dengan "Space Oddity" pada tahun 1969, Bowie mencetak hit demi hit selama lebih dari empat dekade, mulai dari "The Jean Genie" dan "Heroes" pada 1970-an hingga "Let's Dance" dan "Modern Love" pada 1980-an.

Dua hari setelah peluncuran album studio ke-25 Bowie berjudul "Blackstar" pada ulang tahunnya yang ke-69, Bowie meninggal karena kanker pada 10 Januari 2016.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x