Kompas TV nasional sosial

War on Drugs Jadi Tema HANI 2021 di Indonesia

Kompas.tv - 26 Juni 2021, 06:35 WIB
war-on-drugs-jadi-tema-hani-2021-di-indonesia
Logo HANI 2021 (Sumber: bnn.go.id)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Tanggal 26 Juni selalu diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Intenasional (HANI). Di tahun 2021 ini, di Indonesia, tema peringatan HANI yakni War on Drugs yang berarti perang melawan narkoba di masa pandemi Covid-10 menuju Indonesia Bersih Narkoba (BERSINAR).

Kegiatan HANI dilakukan setiap tahun untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

War on Drugs sendiri, seperti diutarakan Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) Republik Indonesia Petrus Reinhard Golose, bahwa upaya penanggulangan narkoba harus dilakukan secara holistik baik dengan hard power melalui pemberantasan dan soft power melalui pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi, serta smart power melalui pengembangan IT.

Dengan tagline baru, yaitu War on Drugs, Petrus Golose menegaskan perang melawan narkoba masih dalam bingkai human right, dan sesuai koridor penegakkan hukum yang profesional dan proporsional.

Baca Juga: Akhir Kisah 10 Pengedar Narkotika Lintas Kabupaten

“Masalah infrastruktur itu penting, tapi dengan kondisi saat ini, kita tetap akan bekerja maksimal sesuai dengan anggaran yang ada dan sesuai dengan pengabdian kita dalam rangka mengeliminir penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” papar dia seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia menjelaskan, dalam rangka perang melawan narkoba, arah kebijakan yang diambilnya adalah Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang profesional, peningkatan lembaga rehabilitasi, pemberdayaan ketahanan masyarakat terhadap kejahatan narkotika, dan peningkatan sinergitas dengan pemangku kepentingan di level nasional, regional dan internasional.

Sebagai implementasi dari P4GN, Petrus memaparkan sejumlah program baik dari sisi pencegahan seperti desa bersinar, hingga langkah pemberantasan seperti interdiksi terpadu. Dalam perspektif BNN, semua upaya yang dilakukan harus dari hulu ke hilir secara simultan.

Baca Juga: Terdengar 4 Kali Suara Tembakan saat Penangkapan Pengedar Narkotika di Jalan

“Permasalahan nasional salah satunya adalah narkotika, karena dampaknya dan juga banyaknya bahan atau zat yang baru atau biasa disebut new psychoactive substances, termasuk tingkat prevalensi yang naik dalam dua tahun terakhir ini,” ungkap jenderal polisi bintang tiga itu.

Ia pun berharap, melalui program Desa Bersinar yang ada di sejumlah daerah, program BNN untuk menyelamatkan generasi muda dari penggunaan narkoba bisa benar-benar terwujud.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.